Kisah Viral Bocah Cilik Jualan Bakpao untuk Bantu Keluarga: Biar Bisa Makan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 25 Nov 2020 12:33 WIB
Schoolboy stands in front of the school door. Back to school. Ilustrasi anak. Foto: iStock
Jakarta -

Saat anak seusianya asyik bermain di waktu senggang, bocah cilik satu ini justru sibuk berkeliling jalan kaki untuk berdagang. Kevin, nama anak lelaki tersebut, memilih membantu perekonomian keluarganya dengan berjualan bakpao.

Sosok Kevin pun jadi viral dan menggugah batin netizen setelah kisahnya dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @allwisnumukti. Wisnu mengunggah video Kevin yang menjinjing keranjang berwarna biru berisikan bakpao. Ia pun menulis cerita sang bocah pada caption.

"Gw nanya ama dia, 'Gak main sama temen-temen ya'. Dia jawab, 'Gak sempet buat main bang,'" tulis Wisnu Mukti.

Dia melanjutkan ceritanya, "'Loh kenapa? Seusia kamu kan emang lagi seneng buat main.' Dan dia menjawab gw dengan jawaban yang membuat gw terdiam sejenak, 'Aku bantuin orang rumah dagang aja bang biar kita bisa makan.'"

@allwisnumukti

Kamu calon orang suksesπŸ’ͺ🏻 amin πŸ™πŸ» ##hebat

♬ original sound - Haeya Mitty - MITTY ZASIA

Sejak diunggah pada Kamis (5/11/2020), video tersebut sudah ditonton 3 juta kali dan mengundang 7000-an komentar. Netizen pun tersentuh dengan kerja keras bocah yang diketahui berusia 11 tahun itu.

Banyak yang menyarankan agar Wisnu membuka donasi untuk membantu Kevin dan keluarganya. Sempat hilang kontak, Wisnu kembali bertemu Kevin, lima hari setelah video pertama diunggah dan permintaan netizen pun dikabulkan. Dalam video lanjutan, Wisnu membuka donasi bagi siapa saja yang ingin membantu Kevin.

"Lima hari gw cari nggak ketemu akhirnya ketemu Dek," kata Wisnu.

Dia pun sempat menawarkan untuk memberi Kevin uang jajan. Tapi bocah cilik tersebut menolak.

"Gw akan open donasi selama tiga hari dan setelah tiga hari akan gw tutup dan uang yang terkumpul akan kita kasih langsung ke adeknya. Semoga uangnya terkumpul, semoga adeknya senang," ujar Wisnu.

@allwisnumukti

terima kasih sobat tik tok . Donasi dari kalian sudah di terima Kevin dan keluarganya β€οΈπŸ™πŸ» semoga tuhan membalas kebaikkan kalian amin β€οΈπŸ™πŸ»

♬ original sound - MITTY ZASIA

Setelah tiga hari membuka donasi, uang yang berhasil dikumpulkan netizen TikTok mencapai Rp 8 juta, dan langsung diberikan kepada keluarga Kevin. Wisnu pun mengajak Kevin untuk membeli sepeda, beberapa potong pakaian dan sepatu.

"Terima kasih sobat tik tok. Donasi dari kalian sudah di terima Kevin dan keluarganya β€οΈπŸ™πŸ» semoga tuhan membalas kebaikan kalian amin," tulis Wisnu pada caption video.

Donasi untuk Kevin ternyata tidak berhenti sampai di situ. Meskipun Wisnu telah menutup donasi, bantuan materi dari netizen masih terus mengalir.

"Gw udah lama banget tutup donasi buat Kevin. Malah udah serah terima donasi. Tapi ternyata masih banyak teman-teman yang ingin berdonasi buat Kevin. Guys, donasi dari kalian udah gw sampaikan kepada yang berhak. Terima kasih banyak, berkat kalian, Kevin bisa senyum. Terima kasih atas kebaikan yang telah kalian berikan buat Kevin. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan kalian. Amin. Terima kasih teman-teman," pungkas Wisnu.

(hst/hst)