Kisah Wanita Terlahir dengan Cacat Wajah & Tak Bisa Senyum, Kini Jadi Model

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 12 Nov 2020 12:16 WIB
Hannah Setzer Hannah Setzer / Foto: Instagram/@feedingtube.fitness
Jakarta -

Memiliki kekurangan bukanlah sebuah penghalang untuk menggapai cita-cita dan menjadi sukses. Hal itu yang telah dibuktikan oleh seorang wanita berusia 30 tahun. Walaupun memiliki kondisi cacat wajah hingga tidak dapat tersenyum, wanita tersebut justru bisa membuktikan dirinya dengan menjadi seorang model catwalk.

Seperti dikutip dari Metro, wanita bernama Hannah Setzer terlahir dengan Cystic Hygroma, suatu kondisi yang membuatnya memiliki ratusan kista yang tumbuh di kepala dan lehernya. Karena kondisi tersebut, Hannah terpaksa harus menjalani operasi untuk mengangkat beberapa kistanya. Operasi itu kemudian membuat saraf penting di wajahnya terangkat dan menjadi rusak.

Saat ini Hanna tidak dapat makan atau minum secara langsung ataupun menutup mulutnya serta tersenyum. Dia membutuhkan selang pernapasan dan makanan untuk bertahan hidup. Walaupun demikian, Hanah tak pernah patah semangat dan mengaku selalu ingin memperlihatkan kepada publik apa yang dapat dilakukan oleh seorang penyandang disabilitas.

Hannah SetzerHannah Setzer Foto: Instagram/@feedingtube.fitness

Tak disangka mimpinya untuk menunjukkan kemampuannya kepada publik itu akhirnya tercapai. Pada bulan September, seorang perancang busana bernama Emma Manis meminta Hannah untuk menjadi model catwalk dari merek rancangannya. Beberapa minggu kemudian Hannah tampil sebagai salah satu model catwalk di sebuah peragaan busana di Richmond, Virginia.

"Emma menghubungi saya secara acak dan mengatakan bahwa dia sangat tertarik untuk menunjukkan keberagaman dalam pekerjaannya. Dia berkata bahwa dia melihat saya sebagai teladan positif bagi orang-orang cacat lainnya yang serupa dengan saya," jelas Hannah.

Tanpa berpikir panjang, Hannah pun langsung mengiyakan tawaran tersebut. Hannah sendiri mengaku tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa dia akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang model. Namun dia sangat berterima kasih karena ada yang mau memberinya kesempatan untuk berlenggak-lenggok di panggung catwalk.

Hannah SetzerHannah Setzer Foto: Instagram/@feedingtube.fitness

"Sejujurnya, saya tidak terlalu gugup, semua orang menyambut saya dengan baik ketika saya berjalan catwalk. Saya benar-benar berada di luar zona nyaman saya, tetapi saya sangat bersemangat tentang representasi dan saya berharap jika seseorang seperti saya melihat apa yang dapat saya lakukan, mereka akan merasa bahwa mereka juga dapat melakukannya," tambah Hannah.

Di media sosial Instagramnya sendiri Hannah terlihat cukup aktif berolahraga. Dia bahkan menjadi seorang influencer fitness dan memiliki usaha kecilnya sendiri. Tak hanya itu saja, Hannah juga aktif mengkampanyekan hak-hak disabilitas untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa tidak ada yang salah menjadi berbeda.

(vio/vio)