ADVERTISEMENT

Liputan Khusus Viral karena Hujatan

Kata Lutfi 'Anjay', YouTuber yang Viral Lewat Jalur Hujatan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 31 Okt 2020 18:00 WIB
Foto: (Instagram)/Muhamad Lutfi Agizal Foto: (Instagram)/Muhamad Lutfi Agizal

Viral Setelah Dihujat karena Protes kata Anjay

Mengapa Lutfi tertarik untuk mengulas kata 'anjay'? "Basically kata 'anjay' itu kan sudah viral. Aku penasaran anjay itu artinya apa? Aku searching di Google, ada beberapa berita online bilang artinya plesetan kata anjing yang diperhalus. Aku mikir kok kata kayak gini sampai ke televisi, karena kan artinya seperti itu. Aku coba menghubungi narasumber aku, ahli bahasa Indonesia yang gelar doktor, aku printout ada 10 lembar berita. Ternyata dalam ilmu berbahasa ada ilmu yang namanya lingusitik leksikon dan semantik. Semantiknya anjay dan leksikonnya, anjing, ketika kita berbicara semantik anjay itu kan artinya anjing kan? Ternyata anak kecil di depan rumah saya sudah terkontaminasi," jawabnya panjang lebar.

Berdasarkan observasinya, anak-anak kecil di sekitaran rumahnya yang mengucapkan anjay tidak mengetahui arti kata tersebut. Mulai dari situ Lutfi Agizal pun memperdalam pembahasan kata 'anjay' sesuai dengan kemampuannya di bidang psikologi.

"Ini kan harus ada peran orangtua, mungkin orangtua yang kurang paham karena tidak ada yang bahas. Saya tanya lagi ke psikolog, ternyata ada teori kepribadian anak kecil adalah peniru ulung. Ketika terbiasa maka dia akan mengikutinya. Takutnya sudah menjadi habit itu kan susah," lanjutnya.

Konten 'anjay' yang diunggah ke channel YouTube miliknya itu hingga kini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali. Dan bagian komentar dari video tersebut sebagian besar berisi hujatan untuknya. Ia pun memberikan reaksinya saat menerima banyak hujatan.

"Karena dihujatnya di media sosial, aku tidak terlalu dimasukin ke dalam hati. Kalau yang negatif itu masuk ke hati, diri kita juga akan menjadi negatif energinya. Tapi kalau hal yang negatif kita jadikan sebuah koreksi atau koreksi itu akan menjadi energi positif," lanjutnya lagi.

Viral lewat jalur hujatan, Lutfi sampai curhat ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dia curhat karena banyak mendapat bullying.

"Kemarin saya DM ke Pak Ganjar, kata beliau 'Jadikan kritikan itu sebagai vitamin.' Menurut aku itu dalam banget. Vitamin kalau mau diminum jauh lebih baik dan nggak minum juga bisa tapi akan mempercepat untuk jadi lebih baik. Aku ngambil dari situ, negatif way aku ganti dengan positif way," pungkas Lutfi Agizal.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(gaf/eny)