Viral Pria Dicurigai Polisi, Pakai Sepatu Crocs Tapi Jam Tangan Michael Kors

Hestianingsih - wolipop Senin, 21 Sep 2020 18:30 WIB
Sepatu Crocs Ilustrasi sepatu Crocs. Foto: Dok. Alife
Jakarta -

Siapa sangka pilihan berbusana bisa membuat seseorang dicurigai polisi sebagai seorang kriminal. Hal ini terjadi pada seorang pria di Amerika Serikat yang didekati polisi karena brand sepatu dan jam tangan yang dikenakannya tidak 'matching'.

Kisah ini jadi viral setelah sebuah video diunggah pengacara yang juga selebtwit, Ben Crump, di Twitter. Video tersebut memperlihatkan pria yang didekati dan sedikit diinterogasi polisi, lalu mempertanyakan jam tangan serta sepatunya.

Dari rekaman video, tampak pria tersebut memakai kaus kaki pink sepatu Crocs. Dia juga mengenakan jam tangan warna emas keluaran brand Michael Kors. Terlihat dua polisi dengan membawa senjata mendekatinya.

"Apa masalahnya? Kenapa saya didekati?" tanya pria tersebut.

Polisi itu kemudian menjawab bahwa dia terlihat 'mencurigakan' karena memakai 'jam tangan bagus' tapi 'memakai Crocs'.

Pria tersebut yang sedang duduk saat didekati pun tidak habis pikir. Mengapa ia jadi orang mencurigakan hanya karena memakai sepatu Crocs dan jam Michael Kors.



"Apa... Anda kurang ajar... karena aku pakai Crocs dan jam tangan Michael Kors, jadi mencurigakan?" ujarnya.

Petugas itu pun menjawab, "Buat saya mencurigakan. Barang-barang yang kamu pakai tidak pas satu sama lain."

Pria itu pun menuding kalau polisi tersebut mencurigainya karena ras. Namun mereka membantahnya.

"Anda dengar nggak kata-kata yang keluar dari mulutmu? Anda benar-benar bilang aku terlihat mencurigakan, karena pakai jam tangan ini dan sepasang Crocs. Aku benar-benar sedang ditandai... saya benar-benar tidak mengganggu siapapun di sini," protesnya lagi.

Perdebatan antara pria tersebut dan polisi belum juga selesai ketika video berdurasi 2 menit 20 detik itu selesai. Tidak diketahui di mana insiden itu terjadi. Tapi menurut pengunggah video, pria yang didekati polisi dan merekamnya adalah kulit hitam.

"WOW. Sekarang kita bahkan tidak bisa pakai JAM TANGAN selama menjadi orang kulit hitam tanpa 'terlihat mencurigakan'?! Inilah definis dari penandaan yang rasis! Video ini menunjukkan bahwa rasisme adalah pandemi di seluruh dunia, dan kita harus menyembuhkannya SEKARANG!" tulis Ben.

Video yang diunggah pada Rabu (17/9/2020) itu pun jadi viral. Isu rasialisme kembali jadi pembahasan. Sejak diunggah di Twitter, video sudah dilihat lebih dari 112 ribu kali.



Simak Video "Ekstrem! Wanita California Ini Pandai Mainkan Juggling Pisau"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)