'Jare Sopo Aku Gak Iso' Viral di TikTok, Ini Kata Penyanyinya Cindercella

Vina Oktiani - wolipop Senin, 21 Sep 2020 15:06 WIB
Cindercella Cindercella viral di TikTok dengan lagu Pretty Real yang menyerukan stop body shaming/ Foto: Instagram @cindercella
Jakarta -

Belakangan lagu berjudul 'Pretty Real' menjadi viral dan banyak dipakai oleh para pengguna TikTok. Lagu dengan lirik berbahasa Jawa 'Jare Sopo Aku Gak Iso' itu viral lantaran banyak pengguna TikTok yang menjadikannya sebagai backsound dari konten untuk menghentikan body shaming. Tak sedikit netizen yang kemudian membawa tren TikTok itu ke Instagram dengan menyertakan #stopbodyshaming.

Tren lagu TikTok itu kemudian mendatangkan berbagai macam komentar dari netizen. Beberapa netizen mengaku senang mendengar salah satu bagian lirik dalam lagu yang dinyanyikan oleh beauty vlogger Cindercella dengan menggunakan bahasa Jawa itu.

"Jyujyur ku cintaa rap nyaa .. fix mau bikin video pake lagu ini wkwkkw," komentar Tasya Farasya.

"PARAAAAAAAHHHH SUKAK BANGET LAGUNYAAAAAAA TITIKKK!!!!!!!! NO DEBAT! I LOVE YOU," komentar salah seorang netizen.

"Inget waktu pertama kali rilis lagu ini sekelas pada ikut ikutan nyanyi pas rapnya kak Cindercella," komentar netizen lainnya.

Lirik dalam lagu tersebut yang kini populer adalah bagian rap yang dinyanyikan oleh beauty vlogger Cindercella dengan menggunakan bahasa Jawa. Wolipop sendiri telah menghubungi Cindercella selaku orang di balik lagu Pretty Real berbahasa Jawa yang tengah viral saat ini.

"Sebenarnya yang buat sound di TikTok itu adalah orang lain. Jadi tuh orang itu DM aku pake sound Pretty Real yang bagian aku, dia nulis 'jare sopo aku gak iso, jare sopo aku gak iso..' gitu sampai akhirnya dia berhenti, terus aku reply DM nya, aku lanjutin liriknya sampai selesai. Terus dia masukkin ke TikTok. Itu udah lama banget padahal. Terus nggak tahu kenapa jadi banyak yang pakai sound nya terus jadi viral," jelas Cindercella ketika dihubungi Wolipop via Whatsapp pada Sabtu (19/9/20).

Cindercella pun mengaku cukup senang lagunya kini menjadi viral. Dia berharap akan semakin banyak orang yang menyebarkan dan mendengarkan pesan mengenai body positivity yang ada di dalam liriknya itu.

"Sebenarnya inspirasi lagunya itu kan rame-rame tuh sama teman-teman beauty community aku gitu kan, memang mau ngambil topiknya itu tentang kayak self love dan gitulah kalau misalnya kita juga human too. Jadi kita juga punya feelings, gitu-gitu," jelas Cindercella.

Lagu Pretty Real sendiri sebenarnya sudah dirilis sejak 2018 oleh para beauty vlogger seperti Nanda Arsyinta, Titan Tyra, Cindercella, dan Minyo. Cindercella sendiri mengaku bahwa bagian lagu yang dinyanyikannya itu sebenarnya adalah karya Devina Aurel. Devina lah yang membantunya untuk menuliskan lirik berbahasa Jawa yang mengangkat isu tentang body shaming tersebut.

[Gambas:Instagram]



Menurut Cindercella, isu mengenai body shaming sangat penting untuk dibahas, karena isu tersebut cukup serius dan banyak dialami oleh orang-orang. Sementara untuk pemilihan bahasa yang digunakan, yaitu bahasa Jawa, Cindercella menjelaskan bahwa dia memiliki pertimbangannya sendiri.

"Karena sebenarnya tuh benar-benar diajakin kan sama Minyo tuh. Minyo tuh nanyain kayak eh kita ini yuk, iseng bikin lagu sama anak-anak Indonesian Beauty Vlogger yang lain. Yuk bikin yuk, bikin lagu rap. Terus aku langsung kayak 'hah, gue nge rap? gue nggak bisa nge rap' gitu kan. Terus aku nggak tau ya karena aku bukan rapper, terus aku ngebayangin aku nge rap pake bahasa Inggris tuh kayaknya nggak gitu. Kayaknya aku ngerasa nggak usah sok-sok rap deh lu kalo nggak bisa, gitu. Jadinya tuh yaudah aja aku pengen aja pakai bahasa Jawa. Lucu juga gitu menurut aku. Bakal bikin orang ketawa gitu," ungkap beauty vlogger yang memilki 911 ribu pengikut di Instagram itu.

Walaupun demikian, Cindercella tidak pernah menyangka bahwa lagu yang dinyanyikannya itu kini kembali viral. Mengingat lagu tersebut sudah dirilis sejak dua tahun yang lalu. Tetapi dirinya mengaku senang karna pesan yang ingin disampaikannya dalam lagu tersebut bisa semakin banyak didengar oleh orang lain.

"Nggak pernah mikir kalau bakal seviral ini ya karena waktu merilis lagunya 2 tahun lalu tuh sebenarnya lumayan viral tuh. Kita tuh ngerilis lagunya duluan di Youtube kayak seminggu sebelum perform. Terus waktu kita perform tuh semua orang udah pada afal. Kita kaget banget sih. Sama yang nonton si Pretty Real di Youtube itu juga banyak. Tapi sekarang aku kaget banget kenapa tiba-tiba yang di TikTok itu banyak banget yang pake sound bagian aku. Itu aku kaget banget sih tapi aku senang juga karena pesannya tuh banyak yang pakai lah. Terus pesannya jadi di spread sama mereka itu," jelasnya.

Berikut ini lirik bagian lagu Pretty Real yang dinyanyikan oleh Cindercella:

[verse 3: cindercella]

Jare sopo aku gak iso

Jare sopo aku gak iso

Elenerku gak roto loh?

Terus opoo?


Mekapku jan uaneh

Yet my fren say hiiiiiiiii

Apik'e raimu raiku do whatever you wanna do (yeah!!)


Buenci pol body shaming jan nggarai crying

Gendat gendut kura kuru lambemu lambemu (yahh yahh!!)

I love my body & you should too

Siji loro telu, hey all, ai lop u!!

(vio/eny)