Di Netflix, 5 Film Bertema Kemerdekaan Indonesia Ini Bisa Ditonton

Rosmha Widiyani - wolipop Senin, 10 Agu 2020 09:15 WIB
Upacara Hari Lahir Pancasila di UGM Foto: Dok Humas UGM/Di Netflix, 5 Film Bertema Kemerdekaan Indonesia Ini Bisa Ditonton
Jakarta -

Nonton film kemerdekaan Indonesia bisa jadi pilihan kegiatan usai upacara 17 Agustus. Menghindari keramaian dan tetap tinggal di rumah harus tetap menjadi prioritas di tengah pandemi COVID-19.

Berbagai film kemerdekaan Indonesia dan perjuangan bisa dilihat di Netflix, atau situs streaming film lain yang legal dan gratis. Sesuai dengan temanya, film ini menyuguhkan kondisi Indonesia saat berusaha meraih kedaulatannya sendiri.

Dengan banyaknya situs yang menyediakan film berkualitas, tentunya tak perlu mengakses website streaming ilegal meski tak perlu bayar. Selain kualitas minim, situs streaming film ilegal juga merugikan pihak yang terlibat dalam pembuatan sinema.

Berikut rekomendasi film kemerdekaan Indonesia dan perjuangan:

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film ini mengangkat cerita sosok Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno mulai dari masa kecil hingga menjadi seorang proklamator. Dalam cerita ini ditampilkan juga sosok Mohammad Hatta yang juga memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Film kemerdekaan Indonesia yang dirilis pada 2013 ini dibintangi Ario Bayu dan Lukman Sardi.

2. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Sosok Tjokroaminoto tentu tak mungkin dilupakan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dan perjuangan. Sebagai seseorang yang lahir dari kaum bangsawan, Tjokroaminoto resah melihat kesenjangan yang dialami bangsanya. Tjokrominoto, yang diperankan Reza Rahardian, kemudian dalam film kemerdekaan Indonesia tersbeut berjuang untuk rakyat.

3. Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman identik dengan perjuangan yang tidak berhenti meski sedang mengalami gangguan paru-paru. Film kemerdekaan Indonesia tentu tak mungkin melupakan sosok Jenderal Soedirman. Diperankan Adipati Dolken, Jenderal Soedirman masih memimpin perlawanan gerilya dan bawah tanah meski harus ditandu.

4. Kartini

Kartini yang identik dengan emansipasi wanita menjadi rekomendasi selanjutnya film kemerdekaan Indonesia dan perjuangan. Diperankan Dian Sastrowardoyo, Kartini adalah sosok yang berjuang menyetarakan hak atas pendidikan dan kondisi ekonomi yang lebih baik. Termasuk untuk perempuan dari semua golongan masyarakat.

5. Merah Putih

Film ini merupakan seri pertama dari Trilogi Merdeka berdasarkan sejarah Indonesia pada 1947. Saat itu terjadi Agresi Militer Belanda I yang menyerang pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah. Film diperankan Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola dan Darius Sinathrya yang punya latar belakang berbeda namun sama-sama berjuang untuk Indonesia.

6. Darah Garuda

Trilogi Merdeka berikutnya adalah film Darah Garuda atau Merah Putih II, yang merupakan kelanjutan dari seri sebelumnya. Pemeran dalam film ini adalah Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Ario Bayu dan Teuku Rifnu. Mereka mendapat tugas rahasia di belakang garis musuh dalam perjuangan di wilayah Jawa Barat.

7. Hati Merdeka

Seri terakhir film kemerdekaan Indonesia dalam Trilogi Merdeka adalah Hati Merdeka yang menceritakan kelanjutan misi para kadet. Namun dalam film ini, Lukman Sardi dikisahkan mundur sehingga kelompoknya tidak punya pemimpin. Para kadet diceritakan melanjutkan misi ke Bali untuk membunuh Koloner Raymer, yang telah membunuh Keluarga Tomas diperankan Donny Alamsyah.



Simak Video "Kaleidoskop Lifestyle 2019: Livi Zheng hingga Trio iPhone"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)