Cerita Gadis Aceh Viral karena Cari Ayah di Twitter, Terpisah karena Tsunami

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 16 Jul 2020 11:10 WIB
iza Iza, gadis Aceh yang viral karena cari ayahnya di Twitter setelah terpisah karena tsunami. Foto: dok. pribadi Nurul Happy Zalindra
Jakarta -

Berkat kekuatan media sosial wanita bernama Nurul happy zalindra atau biasa dipanggil Iza, berhasil bertemu kembali dengan ayah tercinta, Rahim bin Said setelah kisahnya viral. Rahim mengira bahwa puterinya yang belum pernah dilihatnya sejak lahir dan istrinya hilang setelah bencana tsunami melanda Aceh pada 2004.

Iza bisa menemukan titik terang keberadaan ayahnya lewat bantuan akun Twitter Nur Lyana Aqilah Nasir @Nana_Aqilah98. Iza menghubungi Lyana yang berdomisili di Kulim, Malaysia karena jejak terakhir ayahnya ada di Negeri Jiran. Lyana pun membantu membuat postingan di akun Twitternya.

"Assalamualaikum warga Twitter, aku ke sini nak mintak tolong sesapa kalau kenal pakcik ni tolong dm aku, nama dia Rahim bin Said, alamat terakhir Simpang 3 Keladi, Kulim, Kedah, Malaysia. Sebenarnya anak dia dari indonesia ada dm aku dekat ig, katanya dia karena cari ayah dia ni untuk jadi wali nikah...," tulis @Nana_Aqilah98 (6/7/2020).

Postingan Lyana itu kemudian menjadi viral. Dan tidak lama setelah diunggah ke Twitter seorang warganet menghubungi Lyana dan mengaku mengenal ayah Iza.

izaIza, gadis Aceh yang viral karena cari ayahnya di Twitter setelah terpisah karena tsunami. Foto: dok. pribadi Nurul Happy Zalindra

"Ada yang hubungi saya dan memberikan nomor telepon yang diduga ayahnya Iza. Sebelum saya memberikan nomor tersebut ke Iza, saya terlebih dahulu telepon untuk memastikan orang tersebut yang Iza cari," ujar Lyana saat dikonfirmasi Wolipop.

Dan Lyana pun menceritakan pada pria yang berada di ujung telepon mengenai kisah Iza. Pria tersebut yang mengaku ayah Iza berbicara dengan suara terharu.

"Dia mengira anak dan istrinya sudah tiada karena bencana Tsunami. Saya kemudian video call dan mengirimkan screenshot kepada Iza. Perasaan gembira bercampur haru ketika mereka bertemu. Memang tak sangka saya bisa membantu orang yang benar-benar saya tak kenal. Mungkin Allah gerakkan hati saya untuk balas DM Iza. Dan semestinya berkat bantuan warganet di Twitter. Social Media ini jika digunakan sebaiknya Insyaallah hasilnya pun akan baik," ujar Lyana yang ikut terharu.

Dikonfirmasi Iza yang lahir di Lhokseumawe 3 Januari 2001 ini, mengisahkan awal mula dirinya mencari ayah yang tak pernah dilihatnya sejak lahir hingga kini usianya 19 tahun. Dia mengaku tak menyangka setelah kisahnya viral bisa bertemu ayahnya,

"Saya menghubungi kak Lyana karena kak Lyana tinggal di daerah Kulim, Malaysia juga. Saya menghubungi banyak orang di Instagram yang bertempat tinggal di Kulim, tapi kak Lyana yang Alhamdulillah membantu," kata Iza saat dihubungi oleh Wolipop, Rabu (15/7/2020).

Iza mengatakan ayahnya merupakan warga negara asli Malaysia. "Dulu tahun 1995 ibu menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia dan jumpalah dengan abah, lalu menikah dan tahun 2000 ibu habis masa kontrak kerja dan pulang ke Indonesia," tuturnya.

Wanita yang kini tengah kuliah di Stikes Bumi Persada di Lhokseumawe, Aceh itu mengaku belum pernah bertatap muka secara langsung dengan ayahnya. Dia juga belum pernah mengenal sosok sang ayah.

izaMomen Iza bertemu ayah untuk pertamakalinya sejak dia lahir, meski hanya melalui video call. Foto: dok. pribadi Nurul Happy Zalindra

"Tidak kenal abah sama sekali. Iza cuma pernah lihat foto dan tahu abah orang Malaysia tapi tidak tahu alamat lengkapnya. Umur 17 tahun Iza mulai mencari abah lewat media sosial tapi cuma mencari nama saja. Tapi 2019 ini Iza mulai memberanikan diri DM warga Malaysia untuk meminta bantuan atau informasi tentang Abah Iza," tutur Iza.

Ayah Iza kehilangan kontak dengan ibunya setelah tsunami Aceh 2014. Karena setelah tsunami, alamat rumahnya berubah, mereka pun terpisahkan dan tak pernah berkirim kabar lagi.

"Kemarin pas pertama bisa hubungi abah, kata abah nggak tau alamat saya di sini. Yang abah tau, hanya di Aceh. Nggak tau alamat ibu di mana. Dulu belum ada handphone cuma surat. Abah kirim surat tapi ditolak dengan alasan alamat tidak lengkap," jelasnya.

Iza pun mengungkapkan kebahagiaannya akhirnya bisa bertemu dengan ayah yang tak pernah dilihatnya sejak lahir itu. Meskipun pertemuan tersebut hanya melalui video call.

"Alhamdulillah sangat senang tapi masih nggak percaya. Saat pertama Iza belum berani bicara cuma abah bilang rindu mau bertemu dengan anak abah. Tapi abah video callnya sama ibu karena Iza masih nggak sangka, malu," ujar Iza.

Iza menyebutkan sang ayah saat ini tinggal di Kedah, Kulim Simpang 3 Keladi, Malaysia. Sang ayah bekerja sebagai petugas keamanan dan memiliki bisnis kecil-kecilan. Setelah kisahnya viral, Iza pun belum tahu pasti kapan akan bertatap muka secara langsung dengan ayahnya karena di tengah pandemi seperti ini belum bisa berpergian.



Simak Video "Bikin Baju dari Tas Louis Vuitton dan Gucci, Wanita Filipina Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)