Terpisah 16 Tahun karena Tsunami, Wanita Ini Bertemu Ayahnya Setelah Viral

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 15 Jul 2020 13:47 WIB
lyana Iza berhasil bertemu ayahnya setelah terpisah karena tsunami Aceh berkat viral di Twitter.Foto: twitter @Nana_Aqilah98
Jakarta -

Twitter please do your magic! Kata-kata tersebut sepertinya nyata bagi Nurul Happy Zilandra atau akrab disapa Iza. Ia berhasil bertemu dengan sang ayah lewat Twitter setelah terpisah selama 16 tahun.

Bencana tsunami Aceh yang terjadi pada 2004, masih menyisakan kenangan tersendiri bagi Iza. Ia dan ibunya berhasil selamat dari terjangan bencana dasyat tersebut. Saat itu, Iza dan ibunya sedang berada di Aceh. Sedangkan ayahnya di Malaysia.

Setelah tsunami, ayah Iza mengira istri dan anaknya sudah meninggal dunia. Mereka pun hilang kontak selama belasan tahun. Dan Iza kini menempuh berbagai cara untuk mencari ayahnya. Dia ingin sang ayah menjadi wali nikahnya.

Kisah Iza mencari ayahnya hingga akhirnya bertemu ini viral setelah diunggah akun Twitter wanita Malaysia @Nana_Aqilah98. Wanita dengan nama Nur Lyana Aqilah Nasir itu mengunggah kisah Iza setelah sebelumnya dimintai tolong lewat direct message Instagram.

"Assalamualaikum warga Twitter, aku kesini nak mintak tolong sesapa kalau kenal pakcik ni tolong dm aku, nama dia Rahim bin Said, alamat terakhir Simpang 3 Keladi, Kulim, Kedah, Malaysia. Sebenarnya anak dia dari indonesia ada dm aku dekat ig, katanya dia karena cari ayah dia ni untuk jadi wali nikah...," tulis @Nana_Aqilah98 (6/7/2020).

Ketika dikonfirmasi oleh Wolipop, Lyana menceritakan ia awalnya tidak kenal dengan Iza, yang mengirimkan pesan lewat Instagramnya @lyanaqilah_98. Dia sempat mencari tahu dulu apakah akun Instagram Iza penipuan atau bukan.

lyanaTerpisah 16 Tahun karena Tsunami, Wanita Ini Bertemu Ayahnya Setelah Viral Foto: twitter @Nana_Aqilah98

"Saya tak kenal dengan Iza, tapi dia ada DM saya lewat Instagram. Sebelum saya buka dm dia itu, saya pergi check profile IG dia dan nampak macam bukan scammer atau penipuan. Sudah yakin bahwa Iza bukan scammer, saya reply lah DM dia," cerita Lyana.

Lyana mengungkapkan setelah dia membalas DM Iza, wanita yang tinggal di Aceh itu bertanya padanya apakah dia tinggal di Kedah, Malaysia. Iza kemudian mulai memperkenalkan dirinya dan memberitahukan tujuannya mengirimkan DM pada Lyana.

"Dia tanya saya tinggal di daerah mana dan dia mulai perkenalkan nama dan beritahu dia tengah mencari ayah dia yang berada di Malaysia. Jadi saya jawablah saya tinggal dekat daerah mana dan semua pertanyaannya. Iza mengatakan jika ayahnya berada dekat dengan daerah Kulim. Dia sudah lama hilang kontak dengan sang ayah untuk menjadi wali nikah," kata Lyana saat dihubungi Wolipop,Selasa (14/7/2020).

Lyana menuturkan jika Iza menghubunginya lewat Instagram pada Minggu (5/7/2020) malam. Dan keesokan paginya Lyana dan Iza meneruskan percakapan lewat Whatsapp. Iza memberitahu kepadanya jika ia tidak bisa pergi ke Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia untuk mencari ayahnya karena dia harus terbang ke Jakarta, sementara posisinya di Aceh.

"Kalau di Malaysia, untuk mencari orang yang sudah lama tak jumpa, saya pergi ke portal resmi Malaysia, Jabatan Pendaftaran. Akan tetapi, karena saya agak sibuk dengan online class dan assignment, jadi saya belum bisa ke Jabatan Pendaftaran pada hari itu, kemudian saya meminta izin dengan Iza untuk posting di Twitterku dan ia mengizinkan," kata wanita yang berusia 22 tahun itu.

Tidak lama setelah diunggah ke Twitter, postingannya itu viral. Dan Lyana mendapat tanggapan dari salah seorang warganet. Warganet tersebut mengirimkan pesan pribadi untuknya lewat Twitter. Dia mengaku mengenal ayah Iza.

"Ada yang hubungi saya dan memberikan nomor telepon yang diduga ayahnya Iza. Sebelum saya memberikan nomor tersebut ke Iza, saya terlebih dahulu telepon untuk memastikan orang tersebut yang Iza cari," ujar Lyana.

Dan Lyana pun menceritakan pada pria yang berada di ujung telepon mengenai kisah Iza. Pria tersebut yang mengaku ayah Iza berbicara dengan suara terharu.

"Dia mengira anak dan istrinya sudah tiada karena bencana Tsunami. Saya kemudian video call dan mengirimkan screenshot kepada Iza. Perasaan gembira bercampur haru ketika mereka bertemu. Memang tak sangka saya bisa membantu orang yang benar-benar saya tak kenal. Mungkin Allah gerakkan hati saya untuk balas DM Iza. Dan semestinya berkat bantuan warganet di Twitter. Social Media ini jika digunakan sebaiknya Insyaallah hasilnya pun akan baik," ujar Lyana yang ikut terharu.

Iza dan ibunya kini belum bisa bertatap muka secara langsung dengan ayahnya karena di tengah pandemi Corona ini untuk perjalanan masih terbatas. Kisah Iza dan Lyana pun langsung menjadi sorotan media online dan cetak di Malaysia.

Wolipop pun menghubungi Iza yang mencari ayahnya, seperti apa kisahnya? Simak di artikel berikutnya ya!



Simak Video "Viral #VogueChallenge di Medsos, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)