Alasan Haru Pustakawan Bacakan Buku 873 Halaman untuk Nenek 102 Tahun

Vina Oktiani - wolipop Senin, 22 Jun 2020 07:00 WIB
Sleeping student sitting on library floor leaning on pile of books Foto: ist
Jakarta -

Pustakawan di Ipswich, Suffolk memutuskan untuk mengubah buku 873 halaman menjadi sebuah rekaman suara yang kemudian dimasukkan ke dalam sebuah CD. Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan untuk membantu seorang nenek 102 tahun yang merupakan salah satu pelanggan perpustakaan agar dapat kembali bernostalgia mengenang masa lalunya dengan sang ayah.

Seperti dikutip dari BBC News, nenek yang diketahui bernama Dorris Bugg itu awalnya mencari buku novel keluaran tahun 1927 yang berjudul Portrait of Claire. Namun sayang, ternyata buku tersebut sudah tidak tersedia di perpustakaan di Ipswich, Suffolk.

Sebelumnya, Bugg selalu mengunjungi perpustakaan secara langsung. Namun semenjak beberapa tahun yang lalu, dirinya hanya meminjam buku yang berupa rekaman melalui telepon. Biasanya pihak perpustakaan sering menelepon Bugg untuk sekedar menanyakan kesehatannya dan berbincang. Dalam perbincangan telepon itu jugalah Bugg meminta peminjaman buku tersebut dan menceritakan alasan mengapa dirinya ingin meminjam buku itu.

"Buku ini sangat penting bagi saya karena saya memiliki ayah yang luar biasa yang memberi tahu saya nilai dari buku," jelas Bugg.

Merasa tersentuh mendengar kenangan sang nenek dengan ayahnya maka sang pustakawan berusaha mencarikan salinan dari buku tersebut. Setelah pustakawan itu membeli salinannya secara online, dia lalu memutuskan untuk membaca seluruh halaman pada buku tersebut dan merekam agar sang nenek bisa mendengarkannya.

Kisah ini dibagikan oleh pengguna Twitter bernama @KrystalVittles pada 18 Juni 2020. Unggahan tersebut hingga kini telah memperoleh lebih dari 14 ribu penyuka dan 2,5 ribu komentar. Banyak netizen yang mengaku terharu membaca kisah sang nenek dan pustakawan tersebut.



"Merasa sangat emosional dengan respon yang didapatnya," komentar salah satu pengguna Twitter.

"Itu luar biasa Krystal. Apakah kamu berhasil tidak menangis ketika mendengar itu," komentar pengguna Twitter lainnya.

Kabarnya novel karya Francis Brett itu terbagi ke dalam 7 buku. Saat ini sudah ada sekitar 3 buku yang telah diubah menjadi rekaman untuk sang nenek.



Simak Video "10 Universitas Terbaik Indonesia 2020 Versi Webometrics"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)