Pasangan Ini Alami Rasisme Saat Pandemi Corona, Diteriaki Penyebar Penyakit

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 17 Mei 2020 11:16 WIB
Adrianne Kiara Foto: dok. Facebook
Jakarta -

Penyebaran virus corona tak hanya menimbulkan kepanikan, tapi juga memicu reaksi yang berlebihan dan penilaian rasis kepada orang-orang Asia. Mereka yang dianggap sebagai pembawa virus corona ini kerap mendapatkan diskriminasi. Seperti dialami oleh pasangan Asia-Amerika yang mendapatkan ujaran kebencian di tengah pandemi COVID-19.

Pasangan Asia-Amerika yang tinggal di Philadephia ini jadi korban rasis oleh seorang pria tak dikenal. Mereka disebut sebagai penyebar penyakit.

Sebuah video yang dibagikan oleh pengguna Facebook Adrianne Kiara jadi viral. Video itu menunjukkan seorang pria tak dikenal mengejek pasangan Asia-Amerika dengan ujaran kebencian ketika dunia terus memerangi infeksi virus corona.

Pria ini meneriaki pasangan Asia-Amerika sebagai penyebar penyakitPria ini meneriaki pasangan Asia-Amerika sebagai penyebar penyakit Foto: dok. Facebook

Pria itu diduga meneriaki pasangan tersebut dan menyebut mereka 'penyebar penyakit' dan 'penyebar pandemi' saat berada di lampu merah. "Ini apa yang salah dengan Amerika," kata Kiara di postingan Facebooknya.

"Memuntahkan komentar rasis dan menyebutnya sebagai pendapat, kemudian melarikan diri dan menyangkalnya ketika berhadapan langsung dengan orang-orang yang dibenci," imbuhnya.

Pada truk yang dikendarai pria tersebut tertulis kata-kata "Philadelphia Quality Roofing". Kiara juga menautkan beberapa halaman Facebook dengan nama yang sama dengan bisnis mereka.

Adrianne Kiaradan suaminya jadi korban pelecehan rasis di tengah pandemi CoronaAdrianne Kiaradan suaminya jadi korban pelecehan rasis di tengah pandemi Corona Foto: dok. Facebook

Namun, setelah video menjadi viral, nama bisnis itu meninggalkan komentar pada postingan yang menjelaskan bahwa mereka tidak tahu siapa pria itu atau apa yang dia lakukan dengan nama merek bisnis mereka di truknya.

"Kami sangat menyesal Anda harus melalui ini tetapi orang ini tidak bekerja untuk perusahaan kami. Kami meninggalkan rambu-rambu di setiap pekerjaan yang diselesaikan di seluruh kota. Kami tidak yakin apa yang orang ini lakukan dengan salah satu dari nama merek kami. Semua truk perusahaan kami berhuruf dan memiliki rak tangga. Jika seseorang seperti ini bekerja untuk kita, mereka akan langsung dipecat," tulis pihak Philadelphia Quality Roofing



Simak Video "Tak Mau Kalah dengan Pandemi, Pengrajin Batik Ciptakan Inovasi"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/agm)