Ikut Emosi Nonton Drama Pelakor The World of The Marriage? Ini Kata Psikolog

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 22 Apr 2020 19:00 WIB
The World of The Married The World of The Married, serial drama Korea tentang pernikahan yang diganggu pelakor. Foto: dok. Instagram
Jakarta -

The World of the Married adalah drama seri Korea Selatan yang dibintangi oleh Kim Hee-ae dan Park Hae-joon. Drama The World of The Married diadaptasi dari seri televisi Inggris Doctor Foster dan disiarkan di stasiun televisi JTBC setiap Jumat dan Sabtu pukul 22.50 wib, mulai 27 Maret 2020.

Sinopsis The World of The Married menceritakan kehidupan pernikahan dokter wanita Ji Sun Woo yang diperankan oleh Kim Hee Ae dengan suaminya, sutradara bernama Lee Tae Oh, dibintangi aktor Park Hae Joon. Pernikahan keduanya digambarkan harmonis selama belasan tahun dan telah dikaruniai seorang putra berusia remaja.

Namun pernikahan harmonis itu ternyata hanya di pikiran Ji Sun Woo saja. Di sisi lain suaminya memiliki wanita lain. Dan perselingkuhan Lee Tae Oh terbongkar setelah Ji Sun Woo mulai curiga ketika menemukan lip balm cherry di kantong jaket sang suami. Sinopsis The World of The Married yang sudah memasuki episode 8 semakin memanas ketika Ji Sun Woo akhirnya mengetahui siapa wanita yang jadi selingkuhan suaminya. Namanya adalah Yeo Da Kyung yang diperankan aktris cantik Han So Hee.

The World of The Married, serial drama Korea tentang pernikahan yang diganggu pelakorThe World of The Married, serial drama Korea tentang pernikahan yang diganggu pelakor. Foto: Instagram


Drama Korea (drakor) The World of The Married ini sejak awal episode hingga akan memasuki episode sembilan sukses membuat penonton larut dalam emosi. Ada yang sampai merasa marah pada Yeo Da Kyung sang pelakor, Lee Tae Oh sang suami dan rekan dokter Ji Sun Woo, Sul Myung Sook yang bermuka dua. Ada juga penonton yang jadi merasa parno atau takut untuk menikah. Apakah kamu termasuk?

Melihat beragam reaksi penonton kdrama The World of The Married tersebut, psikolog Meity Arianty STP. M.Psi, mengatakan ada alasan kenapa seseorang sampai terbawa emosi saat menonton film atau serial.

"Semua film yang kita tonton akan mempengaruhi pikiran dan perasaan kita, karena sering kali saat kita melihat sesuatu maka tanpa sadar memori kita ikut terbawa, yang bisa jadi kejadiannya sama atau justru perasaan atau emosi kita saat kejadian itu ikut terakses kembali saat menonton. Sehingga jika kita trauma akan membangkitkan kembali. Film atau serial drama Korea paling juara memainkan emosi sehingga akan lebih nyampe ke wanita," kata Mei saat dihubungi oleh Wolipop, Rabu (22/4/2020).



Saking terbawa emosinya pada drama Korea The World of The Married ini bahkan netizen Indonesia sampai melabrak pemeran Yeo Da Kyung melalui Instagramnya. Wajarkah tindakan netizen tersebut? Menurut Meity tidak seharusnya penonton drama Korea The World of The Married melakukan hal itu. Menurutnya sebelum menonton seseorang seharusnya berpikir dulu apakah tontonan yang dilihatnya akan membawa dampak buruk untuk dirinya atau tidak.

"Saat saya diminta untuk menonton itu saya sejenak berpikir apa untungnya menonton serial yang akan membuat saya "mungkin" akan terbawa dengan ceritanya sehingga nantinya "mungkin" akan takut dengan pernikahan karena perselingkuhan atau mungkin saya akan marah-marah,kesal, mengumpat karena emosi dengan jalan ceritanya," jelas Meity.

The World of The Married, serial drama Korea tentang pernikahan yang diganggu pelakor.The World of The Married, serial drama Korea tentang pernikahan yang diganggu pelakor. Foto: Instagram



"Sementara yang harus kita lakukan saat ini justru mengakses dan memasukan pikiran dan perasaan kita akan hal-hal yang menyenangkan, membahagiakan dan membuat kita lebih tenang. Mungkin sebagian orang akan mengatakan itu hanya sekedar tontonan dan tidak dibuat serius, namun saya pernah membahas bagaimana tontonan mempengaruhi perilaku dan pikiran kita saat membahas JOKER," ungkapnya lagi.

Mei menjelaskan sebuah film atau serial bisa membawa pengaruh yang berbeda-beda pada kesehatan mental setiap orang yang menontonnya. Termasuk serial The World of The Married yang membuat penontonnya sampai terbawa emosi. Apakah ini baik untuk kesehatan jiwa?

"Sehat atau tidaknya tergantung tiap orang, karena setiap orang akan berbeda. Ada yang menonton dan tidak memiliki dampak apapun kalau dia sendiri dalam keadaan 'sehat mental'. Tapi bagaimana jika yang menonton tidak dalam kondisi sehat mental, apa yang terjadi dengan pikirannya dan perasaannya saat menonton sesuatu yang membangkitkan emosi, kemarahan, ketakutan, kekesalan dan ketidaknyamanan dalam dirinya? Bisa dibayangkan? Menghadapi pandemi ini aja sudah menyulitkan bagi sebagian orang, membuat jenuh, kesal, bingung dan tertekan secara psikologis, lalu mengapa menambahnya dengan tontonan yang makin membuat stres," pungkasnya.



Simak Video "5 Drakor Hits Selain Squid Game yang Sukses Bikin Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)