Heboh Kasus Eksploitasi Seks Chat 'Nth Room' di Korea, Artis Ikut Turun Tangan

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 24 Mar 2020 11:14 WIB
A young woman protects herself by hand Foto: iStock
Jakarta -

Korea Selatan tengah dihebohkan dengan kasus eksploitasi seksual melalui chat room Telegram yang disebut sebagai 'Nth Room'. 'Nth Room' adalah chat room yang dilaporkan telah membagikan berbagai video dari para korban saat melakukan aktivitas-aktivitas seksual, termasuk yang mengandung kekerasan. Menjadi isu yang mengkhawatirkan, di media sosial para selebriti Korea pun memberi dukungan untuk pengungkapan kasus 'Nth Room'.

Sebanyak paling tidak 74 orang dikatakan menjadi korban eksploitasi seksual melalui chat room yang memiliki 260 ribu anggota. Kasus 'Nth Room' ini semakin mengkhawatirkan karena sejumlah korban masih di bawah umur.

Sebelumnya ramai dibicarakan bahwa para politisi dan jurnalis enggan mengangkatnya ke media. Karena itu, sejumlah selebriti, seperti Baekhyun EXO, Chanyeol EXO, Ravi VIXX, Eric Nam, Jung Yong Hwa, Hyeri Girl's Day, Moon Ga Young, dan banyak artis lain mengunggah petisi online di media sosial mereka untuk mendukung penuntasan kasus 'Nth Room'. Namun kini telah terungkap jika 'Nth Room' didalangi oleh seorang pria bernama Cho Joo Bin.

Heboh Kasus Eksploitasi Seks Chat Room di Korea, Artis Ikut Turun TanganPetisi Penuntasan Kasus Nth Room. Foto: Instagram Ravi

Cho Joo Bin yang menamai dirinya sebagai 'baksa' yang berarti dokter atau guru memulai chat room 'Nth Room' dengan mengimi-imingi sejumlah wanita dengan penawaran kerja part-time dan voucher.

Namun akhirnya Cho mengancam para wanita tersebut dan meminta mereka mengirim video porno diri mereka sendiri. Cho pun membagikan video-video tersebut dalam grup chat Telegram untuk ditukar dengan cryptocurrency. Hal ini lah yang cukup menyulitkan polisi untuk mencari siapa saja orang-orang yang terlibat dalam 'Nth Room'. Terlebih Telegram adalah aplikasi yang berbasis di Rusia.

Kasus 'Nth Room' mulai diperiksa kepolisian Seoul 20 Maret lalu. Dilansir The Korea Herald, sejauh ini polisi telah menemukan 124 orang yang terlibat dalam kasus kekerasan seksual tersebut dan sudah menahan 17 orang termasuk Cho.

Ketika kasus 'Nth Room' terungkap ke media, banyak orang yang merasa marah. Terlebih sejumlah gadis di bawah umur diminta untuk melakukan kegiatan seksual yang mengandung kekerasan. Beberapa selebriti pun meminta kasus ini diusut sampai tuntas dan para pelaku dibeberkan.

"Jika dilakukan tidak etis ini berakhir hanya dengan beberapa tahun penjara, aku sangat tidak bisa menahan diri. Umumkan informasi pribadi mereka dan ungkap wajah mereka di depan pers. Kita harus menangkap semua partisipan dan mempermalukan mereka sehingga mereka tidak bisa berada di lingkungan. Aku tidak tahan untuk mengatakan hal-hal buruk," kata aktris Son Soo Hyun mengenai kasus 'Nth Room'.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)