Viral Kegelisahan Dokter Asia Alami Rasisme karena Virus Corona

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 15 Mar 2020 21:01 WIB
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah. Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun
Jakarta -

Penyebaran virus corona tak hanya menimbulkan kepanikan, tapi juga memicu reaksi yang berlebihan dan penilaian rasis kepada orang-orang Asia. Mereka yang dianggap sebagai pembawa virus corona ini kerap mendapatkan diskriminasi. Seperti dialami oleh dokter Asia di Washington yang mendapatkan perilaku tak mengenakkan saat mengobati pasiennya.

Baru-baru ini seorang penulis Wajahat Ali jadi viral setelah menceritakan tentang istrinya yang seorang dokter Asia. Ia berbagi di Twitter tentang kegelisahan pasien rasis terhadap dokter-dokter Asia Amerika.


Sebagai seorang profesional medis di Washington, istri Ali, Sarah Kureshi, telah menyaksikan prasangka di dalam rumah sakit Amerika di tengah ketakutan penyebaran Covid-19. Bahkan banyak pasien tak ingin ditangani oleh dokter Asia karena takut terinfeksi virus corona.

"Istri saya, seorang dokter, mengatakan beberapa pasien menolak untuk menemui dokter-dokter Asia-Amerika karena #coronavirus," cuit Ali pada postingan yang telah disukai 8 ribu lebih itu.

"Teman-teman, hentikan rasa takut dan rasisme Anda. Itu tidak akan membantu Anda atau negara. Plus, Anda akan berperilaku seperti orang bodoh. Virus, tidak seperti kita, tidak membeda-bedakan," imbuhnya.


Insiden diskriminasi rasial terhadap orang Asia di berbagai belahan dunia menjadi semakin sering sejak wabah Covod-19 menjadi berita utama awal tahun ini. Kini, bahkan profesional medis yang ditugaskan untuk menyelamatkan nyawa pun tak kebal terhadap serangan rasis seperti itu.


Banyak pengguna Twitter mengomentari cuitan Ali dan beberapa mengaku masih mengalami hal serupa. Tak sedikit dari mereka mengapresiasi kerja keras istri Ali sebagai dokter dan menyemangatinya.

"Aku nggak ngerti gimana orang-orang bisa berkesimpulan bahwa kamu gg boleh melihat dokter Asia Amerika karena virus ini, sungguh nggak masuk di akal. Logika yang kosong!," komentar netizen.

"Sepertinya mereka berusaha keras untuk membuat situasi ini seburuk mungkin dalam banyak cara! Maaf istri Anda mengalami hal ini. Katakan padanya, terima kasih atas kerja kerasnya yang luar biasa dan berani," tambah netizen lainnya.




Simak Video "Kemenparekraf Beri Modal untuk Pelaku Fashion"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/kik)