Salah Lafalkan Pancasila, Kalista Iskandar Didukung Ketua Puteri Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 09 Mar 2020 14:16 WIB
Kalista Iskandar, perwakilan Sumatera Barat di Puteri Indonesia 2020 Kalista Iskandar, finalis Puteri Indonesia 2020 dari Sumatera Barat. (Foto: Grandyos/detikFOTO)
Jakarta -

Louise Kalista Iskandar tengah menjadi sorotan lantaran salah melafalkan isi Pancasila di Pemilihan Puteri Indonesia 2020. Di tengah kritikan dan ejekan yang menyerangnya, finalis Puteri Indonesia 2020 yang mewakili Provinsi Sumater Barat ini juga dibanjiri dukungan.

Salah satu dukungan tersebut datang dari Putri Kus Wisnu Wardani yang bukan lain adalah Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia (YPI) Putri Kus Wisnu Wardani. Ia memberi dukungan tersebut dengan mengunggah foto Kalista Iskandar yang diambil dari sebuah pemotretan produk kosmetik.

Mengawali keterangan foto tersebut, Putri memuji Kalista sebagai sosok yang baik hati. Ia turut menyertakan nama akun Instagram ibu Kalista, Deborah Iskandar.

[Gambas:Instagram]



"Kamu telah memberikan yang terbaik. Perempuan tangguh tidak hancur karena badai, mereka justru semakin kuat," tulis anggota Dewan Pertimbangan Presiden Jokowi itu.

Terlepas dari apa yang terjadi, Putri menegaskan bahwa YPI tetap bangga dengan pencapaian perempuan 21 tahun tersebut. Ia juga menambahkan, Pancasila sudah tercermin lewat tindakan serta hati Kalista.

Menurut profil Kalista Iskandar di situs Puteri Indonesia, ia aktif terlibat di Yayasan Emmanuel Bogor sejak 2011 untuk membantu pendidikan para anak yatim piatu. Ia juga disebut fokus menyuarakan tentang metode pendidikan bagi anak berdasarkan bakat yang mereka miliki atau yang disebut EKBOT (Educating Kids Based On Talent). Kalista meyakini metode ini dapat mendorong Indonesia ke arah yang lebih baik, khususnya dalam hal ekonomi kreatif.

Salah Lafalkan Pancasila, Kalista Iskandar Dibela Ketua Puteri Indonesia Kalista Iskandar di malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020. (Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah/detikFOTO)


Sebagai wanita keturunan campuran, perempuan yang hobi menyanyi ini mematahkan stigma sosial tentang ekskusivitas terhadap keturunan seperti dirinya.

Kalista menjadi bulan-bulanan di media sosial setelah gagal melafalkan isi Pancasila pada sesi babak enam besar Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Jumat (6/3/2020). Kala itu, ia mendapat pertanyaan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Selain Putri Kus Wisnu Wardani, Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull juga memberi dukungan untuk Kalista. Ia mengkritik pemerintah Sumatera Barat yang tak mengakui Kalista sebagai perwakilan daerahnya.

"Kami membutuhkan welas asih dari pemimpin dan masyarakat. Pikirlah sebelum bertindak," kata Frederika sembari mengunggah tangkapan layar berita-berita tentang pernyataan pemerintah daerah tersebut. Dukungan untuk Kalista juga datang dari Najwa Shihab.




Simak Video "Finalis Puteri Indonesia Tak Hafal Pancasila, Najwa Shihab Membela"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)