Wanita Ini Bisa Tetap Main Biola Saat Otaknya Dioperasi, Alasannya Haru

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 21 Feb 2020 15:00 WIB
dagmar turner Foto: inside edition
Jakarta -

Setiap orang pasti memiliki hal-hal berharga dalam hidup yang tidak ingin dilupakannya. Namun terkadang karena beberapa alasan, seseorang bisa saja kehilangan kenangan berharganya tersebut. Demi tidak kehilangan kenangan berharga dalam hidupnya, seorang wanita berusia 53 tahun yang satu ini tetap berusaha bermain biola saat dia sedang dioperasi.

Seperti dikutip dari World of Buzz, seorang pemain biola profesional yang bernama Dagmar Turner diketahui memiliki tumor di kepalanya. Dia pun harus menjalani tindakan operasi untuk mengangkat tumornya.

[Gambas:Youtube]



Tumor yang diderita Dagmar Turner terletak pada bagian otak lobus frontal kanannya. Area tersebut berfungsi untuk koordinasi gerakan di tangan kirinya sehingga sangat penting bagi Dagmar untuk menjaganya agar dia tetap bisa bermain biola.

Dagmar mengaku akan merasa sangat sedih dan patah hati jika dia harus kehilangan kemampuan bermain biola yang dimilikinya. Dia sudah mulai bermain biola sejak usianya 10 tahun. Biola pun sudah seperti sebagian dari dirinya. Oleh karena itu, untuk menjaga agar koordinasi di tangan kirinya tetap dapat berfungsi dengan baik, dokter bedah sarafnya memberikan solusi kreatif.

Dr. Keyomars Ashkan di King's College Hospital, London, menyuruh Dagmar untuk tetap memainkan biola selama operasi berlangsung agar kemampuannya tersebut tidak hilang. Dokter Keyomars mengaku bahwa dari sekian banyak pasien yang melakukan operasi di rumah sakit ini, Dagmar adalah pasien pertama yang melakukannya sambil bermain alat musik.

Sebelum operasi berlangsung, tim dokter menghabiskan waktu selama dua jam untuk memetakan otak Dagmar dan mencari tahu area mana yang aktif ketika dia memainkan biola. Setelah tim dokter siap barulah operasi pengangkatan tumor dilakukan. Saat operasi tersebut berlangsung, Dagmar memainkan biola sambil menunggu dokter mengerjakan bagian kepalanya.

Operasi tersebut dikabarkan berlangsung sangat baik dan telah mengangkat lebih dari 90% tumor di bagian otak Dagmar tanpa merusak keterampilan motorik yang dimilikinya. Dagmar juga telah diperbolehkan untuk pulang ke rumah untuk berkumpul bersama suami dan anaknya.

"Saya berharap bisa kembali ke orkestra saya secepatnya," kata Dagmar setelah operasi.



Simak Video "Viral Amplop Nikahan Pelunas Utang, Netizen Ingin Meniru"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)