Ini yang Akurat dan Tidak Akurat di Crash Landing On You Tentang Korea Utara

Hestianingsih - wolipop Jumat, 24 Jan 2020 12:28 WIB
Salah satu adegan di drakor Crash Landing On You. Foto: tvN
Jakarta -

'Crash Landing On You' jadi salah satu drama Korea (drakor) paling hits saat ini. Kisah asmara antara orang Korea Selatan dan Korea Utara memang menarik untuk diikuti, maka tak heran bila rating serial yang dibintangi Hyun Bin dan Son Ye Jin ini selalu meningkat setiap episodenya.

Premis 'Crash Landing On You' menceritakan Kapten Ri Jeong-Hyeok (Hyun Bin) yang mencoba melindungi anak konglomerat Yoon Se-Ri (Son Ye Jin) dari Korea Selatan, setelah ia jatuh dan terdampar di Korea Utara akibat kecelakaan saat paragliding. Adegan lucu, romantis sekaligus menegangkan mewarnai kisah dua sejoli ini di setiap episodenya.

Selain kisah romansa Ri Jeong-Hyeok dan Yoon Se-Ri yang membuat penonton gemas, daya tarik drakor 'Crash Landing On You' juga ada pada penggambaran Korea Utara sebagai latar utama cerita. Hal ini menjadi menarik karena lokasi syuting sebenarnya tidak benar-benar di Korea Utara.


Seperti diketahui, pengambilan gambar sebagian besar dilakukan di Swiss, Mongolia dan Korea Selatan. Tidak digarap di Korea Utara dan kru yang terlibat dalam produksi pun sebagian besar orang Korea Selatan, keakuratan penggambaran negara yang dipimpin Kim Jong-Un ini dalam 'Crash Landing On You' pun jadi perhatian.

Kang Nara, pembelot Korea Utara yang kini jadi YouTuber, mengulas hal apa saja yang akurat dan kurang akurat dari 'Crash Landing On You' tentang Korea Utara. Kang Nara yang sempat terlibat dalam pra produksi 'Crash Landing On You' untuk memberikan sejumlah saran dan membeberkan fakta-fakta tentang negara komunis itu mengatakan 60 persen penggambaran Korea Utara di 'Crash Landing On You' cukup akurat.

"Aku sempat membantu mereka musim panas tahun lalu. Mereka mewawancaraiku di sebuah kafe. Aku bisa bilang acara ini digarap cukup baik... Keakuratan bagaimana Korea Utara digambarkan 60 persen akurat," kata Kang Nara di channel YouTube CLAB Girl.

Lantas apa saja yang akurat dan tidak akurat menurut Kang Nara di 'Crash Landing On You'?


Meja Makan Lesehan

Salah satu adegan di drakor Crash Landing On You. Foto: tvN


Menurut Kang Nara, tim produksi 'Crash Landing On You' sangat memerhatikan detail. Dalam drama tersebut orang-orang Korea Utara digambarkan makan di meja tanpa kursi alias lesehan. Memang seperti itulah cara mereka makan di Korea Utara.

Bunker Tempat Menyimpan Kimchi

Pada episode tiga 'Crash Landing On You', diceritakan bahwa Yoon Se-Ri bersembunyi di bunker atau gua tempat menyimpang kimchi demi menghindari inspeksi mendadak malam hari. Bunker tersebut digunakan untuk menyimpan kimchi agar tahan lama.

"Daerah pedesaan di Korea Utara tidak mendapatkan akses listrik, mereka tidak punya kulkas. Maka mereka membuat gua khusus untuk menyimpannya," kata Kang Nara.

Aksen Korea Utara

Salah satu adegan di drakor Crash Landing On You. Foto: tvN


Kang Nara memuji cara empat aktor yang memerankan rekan-rekan Kapten Ri Jeong-Hyeok berbicara dengan aksen Korea Utara. Menurutnya, aksen mereka sangat natural.

"Aku tidak tahu di mana mereka mempelajari dialek Korea Utara, tapi mereka benar-benar bagus. Terutama yang memerankan prajurit bernama Pyo Chi-Su (Yang Kyung-Won)," tuturnya.


Rambut Wanita Korea Utara Selalu Dikuncir

Salah satu adegan di drakor Crash Landing On You. Foto: tvN


Pada episode empat 'Crash Landing On You', ada adegan Kapten Ri Jeong-Hyeok menguncir rambut Yoon Se-Ri karena di Korea Utara, menggerai rambut tidak diperbolehkan bagi wanita. Kang Nara juga memuji keakuratan detail tersebut.

"Mereka menyebutnya saseukke ketika wanita menggerai rambutnya. Orang akan berkomentar, 'Saseukke itu orang yang aneh' atau semacam itulah. Menggerai dan tidak menata rambut dianggap sebagai sesuatu yang tidak pantas," ujarnya.

Sebagian besar wanita Korea Utara akan menguncir rambut mereka. Sebab menggerai rambut adalah simbol kapitalisme.

Wanita Korea Utara Pakai Boots dan Trench Coat

Salah satu adegan di drakor Crash Landing On You. Foto: tvN


Dalam salah satu episode, karakter Seo Dan (Seo Ji Hye) --tunangan Kapten Ri Jeong-Hyeok-- digambarkan sebagai wanita Korea Utara yang fashionable. Ia mengenakan trench coat yang dipadukan dengan boots selutut. Menurut Kang Nara, gaya busana seperti itu terbilang jarang di Korea Utara. Maka bisa dibilang penggambaran Seo Dan tidak akurat.

"Gaya busana ini terlalu berkelas. Sejujurnya tidak banyak orang pakai trench coat di Korea Utara. Oh... boots tu. Pakai boots dengan cara seperti itu juga tidak diperbolehkan. Itu disebut walenkki. Wanita Korea Utara harus pakai boots di bawah celana, agar terlihat seperti memakai sepatu biasa. Kalau kamu memperlihatkan walenkki seperti itu, kamu akan ditarik untuk inspeksi. Itu kesalahan besar," jelasnya.


Karakter Kapten Ri Jeong-Hyeok

Salah satu adegan di drakor Crash Landing On You. Foto: tvN


Menurut Kang Nara, tidak ada kapten yang seperti Kapten Ri Jeong-Hyeok di Korea Utara. Orang-orang Korea Utara, terutama tentara, sangat patuh dan disiplin pada aturan dan tidak akan berani ambil risiko yang bisa membahayakan hidupnya.

Yah, karena ini merupakan cerita fiksi, maka sosok nyata seperti Kapten Ri Jeong-Hyeok mungkin juga tidak ada di Korea Selatan, atau mungkin belahan dunia lainnya.



Simak Video "AHY Disandingkan dengan Hyun Bin, Annisa Pohan Pilih Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)