Bikin Tutorial Makeup Tutupi Tanda KDRT, Artis TikTok Jadi Kontroversi

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 17 Jan 2020 09:33 WIB
Foto: iStock
Jakarta - TikTok belakangan jadi aplikasi yang ramai dibicarakan. Tak hanya menampilkan video-video lucu, tak sedikit artis TikTok yang mencoba berbagi informasi, termasuk tutorial makeup. Sebuah tutorial makeup TikTok pun baru-baru ini jadi perbincangan. Pasalnya dalam video itu, seorang remaja mengungkap cara menutupi tanda-tanda KDRT menggunakan makeup.

Seorang artis TikTok remaja bernama Amber jadi kontroversi setelah mengunggah video yang dianggap kurang pantas tapi juga banyak yang memujinya. Ketika itu, ia mengunggah sebuah video lip-sync lagu Lily Allen berjudul Not Fair sambil makeup. Dalam video, Amber pun terlihat menutupi luka lebam palsu di bagian mata dengan spons makeup. Dari lagu yang dinyanyikan, Amber seolah menunjukkan bagaimana cara menutupi tanda-tanda KDRT.

'Oh dia memperlakukanku dengan hormat. Dia mengatakan dia mencintaiku selalu. Dia meneleponku 15 kali sehari. Dia suka memanstikan bahwa aku tidak apa-apa.' Begitu bunyi lirik lagu tersebut. Dalam video pun tertulis, 'Ketika temanmu mencoba untuk memastikan lebam bukanlah dari pacarmu'.

Bikin Tutorial Makeup Tutupi Tanda KDRT, Artis TikTok Jadi Kontroversi Foto: TikTok
Video ini jadi perbincangan setelah diunggah akun @MakeupByAmber dengan 600 komentar dan 200 ribuan like. Postingan tersebut kemudian menimbulkan kontroversi karena tema kekerasan dan menimbulkan beragam komentar. Beberapa orang memuji Amber karena meningkatkan kesadaran akan KDRT tapi sedikit pula yang justru mengritiknya. Kini video tersebut pun sudah dihapus Amber.

"Terima kasih sudah melakukan ini. Aku adalah seseorang yang telah selamat," "Ini sangat powerful. Aku melewati ini dengan seorang teman yang selalu membuat alasan dan meremehkannya," kata komentator.

Sedangkan mereka yang mengritik video ini menganggap jika postingan tersebut terlalu 'dark' dan bukan cara yang tepat untuk berbicara mengenai kekerasan dalam hubungan. "Ini bukan cara yang tepat untuk meningkatkan kesadaran," "Ini benar-benar terjadi pada orang dan mereka tidak seharusnya membuat TikTok tentang itu,". Anda setuju dengan yang mana?

Simak Video "Inspiratif! Perempuan Ini Jago Makeup Meski Tanpa Lengan"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)