Kata Reinhart Sinaga yang Viral dan Tercemar karena Dikira Reynhard Sinaga

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 08 Jan 2020 14:40 WIB
Ini Reinhart Sinaga, bukan Reynhard Sinaga si pemerkosa ratusan pria di Inggris. Foto: Instagram @reinkarnasi.naga
Jakarta - Nama Reynhard Sinaga jadi perbincangan setelah kasus pemerkosaan terhadap ratusan pria di Inggris terkuak. Reynhard Sinaga menjadi headline pemberitaan beberapa media di Inggris dan Indonesia dengan vonis hukuman seumur hidup. Hal itu rupanya tak berdampak baik bagi seorang pria yang memiliki nama sama dengan sang predator seks.

Pria bernama Reinhart Sinaga jadi viral setelah berbagi kisahnya diserang oleh netizen yang mengira dirinya adalah pemerkosa ratusan pria di Manchester, Inggris. Secara pelafalan memang nama keduanya mirip, yang berbeda adalah penulisan nama pada huruf 'i' yang seharusnya 'y' dan 't' yang seharusnya 'd' dalam penulisan nama Reynhard.

"NKCTHI = Namaku Kini Citranya Tercemar Hingga se-Indonesia," cuit Reinhart yang telah diretweet 11 ribu lebih pengguna Twitter lainnya.



Saat dihubungi Wolipop pada Rabu (8/1/2020), pria berusia 26 tahun menceritakan bahwa awalnya ia tiba-tiba mendapat banyak pesan dari teman dan keluarga. "Katanya ada orang yang namanya sama kayak aku melakukan pemerkosaan terhadap 190 pria. Mostly emang maksudnya bercanda, akunya juga ketawa-ketawa aja pas baca," terang Reinhart.

"Meskipun di satu sisi sedih juga karena sama-sama marga Sinaga, namanya Reinhart pula. Setelah itu aku ngetweet dengan screenshot foto Reynhard itu supaya teman-teman pada tahu kalau bukan aku. Karena yang ngejapri sampai teman waktu masih SMP dulu, terlebih lagi yang dengernya dari radio, soalnya secara penyebutannya sama persis. Meskipun penulisannya berbeda," imbuhnya.



Setelah nama Reynhard Sinaga menjadi trending topik di Indonesia, Reinhart pun menjadi sasaran makian dari para netizen. Tak sedikit dari mereka salah mengira jika akun media sosial Reinhart itu adalah sosok Reynhard Sinaga si pemerkosa ratusan pria.

"Ada yang bilang, 'dasar predator!, Ini akunnya guys! serang!!, bikin malu orang tua lu'. Di salah satu tweet itu aku reply dengan fotoku yang asli, biar netizen nggak salah sangka, meskipun tetap aja masih ada yang nyerang. Ada yang bilang oplas lah, cuma copot kacamata doang lah," ujar Reinhart.

Reinhart Sinagar viral karena dikira Reynhard Sinaga si pemerkosa ratusan pria di InggrisReinhart Sinaga viral karena dikira Reynhard Sinaga si pemerkosa ratusan pria di Inggris Foto: Instagram @reinkarnasi.naga


Pria yang tinggal di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang ini pun mengaku merasa lucu saja. Meskipun diserang oleh netizen yang salah sasaran karena namanya sama dengan Reynhard Sinaga, tak ada niat sedikit pun bagi Reinhart untuk mengganti namanya.

"Yaa, sejauh ini nggak gimana-gimana banget sih. Soalnya secara penulisan dan wajah kan udah beda. Lebih ke lucu-lucuan aja. Soalnya nama pemberian orangtua sudah begini, meskipun akunya tahu kalau hari-hari ke depan tidak akan seperti biasanya lagi," jelas pria yang bekerja di salah satu bank swasta itu.



Simak Video "Orang Kaya! Tasya Farasya Nggak Tahu Uang Seribu"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)