Julid Hingga Pansos, 11 Istilah Kekinian Populer yang Maknanya Ada di KBBI

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 13 Des 2019 13:38 WIB
Ilustrasi. Foto: Unsplash/Brooke Cagle Ilustrasi. Foto: Unsplash/Brooke Cagle


5. Ambyar

Kata ambyar populer di kalangan milenial setelah mendengarkan lagu-lagu patah hati dari penyanyi Didi Kempot. Sebutan untuk 'sobat ambyar' pun sering tersiar di media sosial.

Ambyar sendiri merupakan perasaan yang menunjukkan kekecewaan dan kesedihan atas kehilangan seseorang yang dicintai. Namun, dalam KBBI ambyar memiliki makna bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi.

6. Maksi

Maksi adalah kata yang biasa dilontarkan saat waktu makan siang. Istilah ini pun berhasil masuk dalam KBBI yang merupakan singkatan dari makan siang bersama teman-teman.



7. Pulkam

Beberapa istilah populer memang kerap kali merupakan singkatan, termasuk pulkam yang merupakan kependekan dari pulang kampung. Pulkam biasa ditujukan saat hari raya atau liburan yang jadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halamannya.

8. Gaptek

Gaptek biasanya digunakan untuk menyebut seseorang yang kurang pandai menggunakan teknologi. Gaptek adalah kependekan dari gagap teknologi. Biasanya juga ditujukan oleh orang-orang tua yang tak mahir dalam mengoperasikan gadget atau laptop.

9. Gebetan

Istilah gebetan juga masuk dalam daftar KBBI. Gebetan merujuk untuk seseorang yang ditaksir atau disukai. Biasanya penggunaan kata gebetan ini diucapkan saat sedang berusaha untuk meraih hati seseorang yang disukai sebelum berhasil memacarinya.

10. Lebay

Lebay memang istilah yang sudah lama terdengar dan kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lebay merupakan seseorang yang bereaksi berlebihan, baik tentang gaya bicara hingga penampilannya.

11. Alay

Istilah alay bukan merupakan kata baru. Alay merujuk pada seseorang yang gaya berpenampilannya atau sikapnya norak atau kampungan. Pada KBBI alay merupakan anak layangan, gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(agm/eny)