Ratu Elizabeth II Habiskan Lebih dari Rp 1/2 M untuk Kado Natal Staf Istana

Hestianingsih - wolipop Kamis, 12 Des 2019 15:09 WIB
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip. Foto: Matt Holyoak/CameraPress/PA Wire/Handout via REUTERS
London - Hari Natal kurang dari dua minggu lagi dan seluruh umat Kristiani sudah bersiap menyambutnya, tak terkecuali keluarga Kerajaan Inggris. Untuk merayakan Hari Besar yang jatuh setiap tanggal 25 Desember itu, Ratu Elizabeth II pun memberikan kado istimewa untuk keluarga dan para staf Istana.

Sedikitnya ada 620 kado yang disiapkan Sang Ratu dan bisa menghabiskan biaya cukup banyak. Seorang sumber yang merupakan mantan ajudan wanita 93 tahun itu mengungkapkan kalau setiap tahunnya biaya untuk membeli kado Natal mencapai 30 ribu Pound sterling atau sekitar Rp 556 juta.

Kepada Fabulous Digital seperti dilansir Daily Mail, sumber mengatakan biasanya dua minggu sebelum Hari Natal tiba, para staf diminta masuk ke salah satu ruangan di Istana Buckingham dan menemui Ratu. Dalam ruangan itulah mereka diberikan kado Natal.


Ratu ELizabeth II bersama Meghan Markle. Foto: Getty Images

"Mereka berbaris untuk menerima bungkusan hadiah dari Ratu, dan dia akan mengucapkan sepatah dua patah kata pada masing-masing orang - biasanya seperti ucapan terima kasih atas semua bantuan yang mereka berikan sepanjang tahun ini," kata sumber.

Kado biasanya berisi buku atau suvenir kecil dari toko hadiah di istana. Dalam kotak hadiah biasanya juga dimasukkan pudding Natal.
Ratu Elizabeth II bersama para cicit. Foto: Getty Images


Setiap tahunnya untuk menyambut Natal, Ratu Elizabeth II menyiapkan sedikitnya 1.500 pudding Natal untuk diberikan pada pekerja istana, staf penjaga istana dan polisi istana. Bagi-bagi pudding merupakan tradisi turun temurun yang pertama kali dilakukan kakek Ratu, Raja George V. Kemudian diteruskan oleh Raja George VI sampai sekarang.

Selain 620 kado dan pudding, Ratu Elizabeth II juga akan mengirimkan 750 kartu ucapan Natal bergambar foto keluarga kerajaan. Kartu biasanya diberikan pada kerabat, teman, anggota Rumah Tangga Istana dan sejumlah delegasi Persemakmuran Inggris.

Simak Video "Pernyataan Resmi Ratu Elizabeth Terkait Harry-Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)