Busana Nadiem Makarim di Pelantikan Rektor UI Dikritik Terlalu Santai

Hestianingsih - wolipop Jumat, 06 Des 2019 14:18 WIB
Gaya Nadiem Makarim saat hadir di pelantikan Rektor UI. Foto: Twitter/@marzukialie Gaya Nadiem Makarim saat hadir di pelantikan Rektor UI. Foto: Twitter/@marzukialie

Jakarta - Menteri Pendidikandan Kebudayaan Nadiem Makarim memiliki gaya berbusana yang berbeda dari pejabat lainnya. Mantan bos GO-JEK itu kerap tampil kasual termasuk saat kunjungan kerja.

Seperti yang belum lama ini ditampilkannya. Pria 35 tahun itu hadir di pelantikan rektor Universitas Indonesia (UI), Rabu (4/12/2019) dengan mengenakan kemeja tenun yang lengannya digulung, dipadu jeans dan sepatu loafers berbahan suede.

Penampilan Nadiem rupanya mengundang kritikan dari politikus Marzuki Alie. Lewat cuitannya di Twitter, mantan ketua DPR-RI itu menyoroti busana Nadiem Makarim yang menurutnya terlalu santai untuk sebuah acara resmi seperti pelantikan rektor universitas negeri ternama.

"Mas menteri @NadiemMakarim sebagai pejabat VVIP pada acara resmi protokoler, pelantikan rektor UI, pakai baju santai, sepatu tanpa kaos, di saat yang lain pakaian lengkap. Perlu mencontoh pres @jokowi
yang bisa menyesuaikan dress codenya. Anda sekarang pejabat publik," tulis Marzuki.


Cuitan politikus dari Partai Demokrat itu pun ditanggapi netizen yang setuju dengan pendapatnya. Banyak netizen menilai penampilan Nadiem kurang sopan.

"Jujur saya sedih melihatnya. Etika dan penghormatan ke orang lain tetap perlu - kita tidak bisa seenaknya," komentar salah satu netizen.


"Tong, di negara barat pun, kalo mereka ada acara resmi mereka ttp pakai jas dan rapi..... Itu Nyeleneh namanya...," netizen lain menimpali.

Kritikan lain juga menyebut Nadiem seharusnya bisa menyesuaikan gaya berpakaian sesuai acara yang dihadirinya. "Saya juga milenial yg lebih suka tampil casual tapi siapapun harus berpakaian sepatutnya."

Bahkan ada yang membandingkan penampilan Nadiem dengan petinggi lainnya di dunia gadget seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. "Saya lihat bill gates atau Mark Zuckerberg berpakaian resmi pada acara formal. Hearing dengan senat misalnya."


Namun dari banyaknya kritik, ada pula yang mencoba membela gaya berbusana Nadiem Makarim.

"Karena selama ini kita terlalu dikekang dan menjalankan tradisi yang protokoler. Itulah yang membedakan mas @Nadiem_Makarim dengan para perintis sebelumnya."

Bagaimana menurut kamu penampilan Nadiem Makarim di pelantikan rektor UI kemarin?

Simak Video "Dikritik Netizen Soal Pakaian, Ini Kata Tim Indonesia di WSDC 2017"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)