Cegah Pernikahan Dini, Wanita Muda di NTT Dilatih Jadi Petani

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 05 Des 2019 09:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Banyak wanita di perkotaan lebih memilih menggunakan masa muda untuk mengejar karier. Namun pilihan tersebut tak selalu ada untuk para wanita dan gadis muda di pedesaan terlebih daerah tertinggal. Melalui sebuah program sosial dari Plan Indonesia, para wanita muda di NTT pun mendapat pelatihan agar punya opsi selain pernikahan dini yakni dengan belajar jadi petani.

Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) telah menjalankan program di mana ratusan anak muda khususnya wanita berusia 18-29 tahun di NTT dilatih menjadi petani. NTT sendiri dipilih menjadi fokus daerah karena merupakan provinsi ketiga termiskin di Indonesia sekaligus punya potensi pertanian.



Menurut Dina Mirawati selaku Manajer Program Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda Plan Indonesia, banyak orangtua di sana yang tidak mengizinkan anaknya menjadi bercocok tanam. Tapi melalui program tersebut, para wanita muda diajarkan pertanian ramah lingkungan agar bisa menghasilkan pendapatan sendiri dan memberikan opsi untuk masa depan mereka.

"Harapannya dengan kita memberikan proyek ini kita bisa memberi pilihan bahwa tidak harus dengan langsung menikah tapi hidup bisa terjamin dan memiliki penghasilan sendiri.

Tantangannya memang dari lingkungan yang kadang tidak mendukung, aksen lahan juga biasanya baru diberikan untuk orang-orang di atas 40 tahun, dan biasanya keluarga akan lebih memilih laki-laki tapi kalau perempuan memang punya kemampuan kenapa nggak," ungkap Dina di acara The Body Shop Annual Event di Kota Kasablanka, Rabu, (4/12/2019).



Para wanita muda di sebagian wilayah NTT memang memiliki keterbatasan dalam mengembangkan diri bahkan untuk bermimpi. Dikatakan Dina jika selisih angkatan kerja antara pria dan wanita di sana masih jauh bahkan belum bergerak dari tahun 90an. Masyarakat pun kurang mendukung wanita untuk bisa memiliki pilihan sendiri. Adapun masalah dengan minimnya akses terhadap sumber daya alam dan dana hingga risiko dinikahkan muda.

Cegah Pernikahan Dini, Wanita Muda di NTT Dilatih Jadi PetaniFoto: Rahmi Anjani/Wolipop


Dalam rangka berbagi dan memperingati Natal dan Tahun Baru, The Body Shop bekerja sama dengan Plan Indonesia dalam merilis paket spesial. Untuk membantu para wanita muda di NTT mengembangkan diri dan mewujudkan mimpi mereka, pelanggan bisa membeli item Rocket Gift. Setiap Rp 5 ribu dari hasil penjualan per produk akan didonasikan untuk program Yayasan Plan Indonesia tersebut. Para pelanggan juga bisa melakukan donasi lebih melalui kasir hingga 1 Januari 2020.

Selain Rocket Gift, tersedia pula tiga opsi Christmas Limited Edition yang berisi produk-produk dengan wangi menyegarkan yang bisa dijadikan kado untuk orang tersayang maupun diri sendiri.



Simak Video "Viral! Pemain Sepakbola Wanita Lindungi Lawan yang Hijabnya Terlepas"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/agm)