Arti Nama Unik Cucu-cucu Jokowi, La Lembah Manah hingga Jan Ethes

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 17 Nov 2019 08:05 WIB
La Lembah Manah, cucu ketiga Jokowi yang lahir pada Jumat (15/11/2019). Foto: Dok. Keluarga La Lembah Manah, cucu ketiga Jokowi yang lahir pada Jumat (15/11/2019). Foto: Dok. Keluarga

Jakarta - La Lembah Manah menjadi cucu ketiga Presiden Jokowi yang baru saja lahir dan diberi nama unik. Semua cucu Jokowi dan Iriana memang memiliki nama unik. Apa aja sih arti nama mereka?

La Lembah Manah

La Lembah Manah merupakan cucu perempuan kedua Jokowi. Selvi Ananda sang ibu melahirkan La Lembah Manah pada pada Jumat (15/11/2019) pukul 15.46 WIB. La Lembah Manah lahir melalui operasi caesar dengan berat 2,92 kg dan panjang 46,5 cm.

Gibran Rakabuming sang ayah pun mengungkapkan arti nama anaknya yang unik itu. Nama bayi perempuan itu semuanya diambil dari bahasa Jawa.



Arti Nama Unik Cucu-cucu Jokowi, La Lembah Manah hingga Jan EthesFoto: Dok. Keluarga


"Namanya memang sudah ada tadi, menunggu bapak pulang ke Solo. Namanya La Lembah Manah. Artinya rendah hati," kata Gibran saat ditemui di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11/2019) malam. Gibran mengumumkan nama anaknya setelah ayahnya Presiden Jokowi tiba di Solo.

Lembah dalam bahasa Jawa berarti tanah yang rendah. Dan manah, berarti hati. Sedangkan kata 'La' merupakan singkatan.

"Luwes anakku, lomo anakku," kata Gibran dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (16/11/2019).

Luwes dan lomo merupakan bahasa Jawa. Luwes bermakna fleksibel, cepat beradaptasi. Sedangkan lomo bermakna senang berbagi.

Jan Ethes

Jan Ethes merupakan cucu pertama Jokowi dan Iriana. Bocah laki-laki yang polah tingkahnya selalu mencuri perhatian karena menggemaskan itu kini sudah berusia tiga tahun.

Putra Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda yang memiliki nama lengkap Jan Ethes Srinarendra itu lahir pada 10 Maret 2016 di RS PKU Muhammadiyah, Solo, rumah sakit yang sama tempat adiknya La Lembah Manah dilahirkan. Ethes lahir dengan bobot 3,09 kg dan panjang 48,5 cm lewat persalinan caesar.

Arti Nama Unik Cucu-cucu Jokowi, La Lembah Manah hingga Jan EthesFoto: Youtube Sekretariat Presiden



Nama Jan Ethes sempat menjadi kontroversi karena dianggap tidak Indonesia. Padahal kenyataannya, seperti La Lembah Manah, nama Jan Ethes juga diambil dari bahasa Jawa.

Dalam bahasa Jawa, kata Jan berarti sangat. Sedangkan Ethes berarti cekatan, lincah atau energik. Dan Srinarendra memiliki arti pemimpin yang baik.

Sedah Mirah Nasution

Sedah Mirah Nasution merupakan putri pertama dari anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution. Sedah, demikian anak perempuan itu disapa, lahir pada 1 Agustus 2018 pukul 05.50 WIB di RS YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat.

Sedah Mirah lahir dengan berat badan 3,4 kg dan panjang 49 cm. Kahiyang Ayu melahirkan Sedah Mirah melalui persalinan caesar.

Arti Nama Unik Cucu-cucu Jokowi, La Lembah Manah hingga Jan EthesFoto: Instagram


Kahiyang sendiri yang mengungkapkan arti nama anak perempuannya itu. Ada sebuah doa di balik nama Sedah Mirah yang juga diambil dari bahasa Jawa.

"Nama putri kami, Sedah Mirah Nasution, artinya semoga putri kami jadi putri yang menawan, salihah, dan dermawan bagi orang-orang sekitar," kata Kahiyang



Simak Video "Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Asyik Membatik di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)