Dukung Kesetaraan Gender, Sekolah Ini Ajarkan Murid Pria Cuci & Setrika Baju

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 26 Okt 2019 14:13 WIB
Foto: Dok. Elite Readers Foto: Dok. Elite Readers

Vigo - Banyak yang menganggap pekerjaan rumah tangga adalah mutlak tugas seorang wanita atau IRT. Terlebih lagi di negara-negara Asia yang masih kental dengan budaya ketimuran.

Sebuah sekolah di Spanyol mencoba mendobrak anggapan itu. Sejatinya pekerjaan rumah tangga adalah tugas bersama. Baik itu istri, suami maupun anak.

Sekolah bernama Colegio Montecastelo di Vigo, Spanyol, membuka kelas baru yang mengajarkan murid-murid lelaki tentang pertukangan dan reparasi perabotan rumah. Menariknya, mereka juga dididik untuk bisa menjahit, menyeterika dan masak.


Dukung Kesetaraan Gender, Sekolah Ini Ajarkan Murid Pria Cuci & Setrika BajuFoto: Dok. Elite Readers

Tujuan diadakannya kelas bernama special home economics ini agar siswa terbiasa dengan berbagai pekerjaan rumah, ketika mereka berumahtangga nantinya. Selain itu juga untuk mendidik dan mengampanyekan tentang kesetaraan gender.

"Sepertinya sangat berguna bagi murid-murid kami untuk belajar mengejarkan tugas rumah tangga ini, jadi ketika mereka berkeluarga, juga ikut terlibat mengurus rumah dan tahu kalau rumah itu yang mengurus harus dua orang. Buka cuma wanita yang bersih-bersih, cuci piring dan menyetrika," jelas koordinator sekolah Gabriel Bravo, seperti dikutip dari Elite Readers.


Dukung Kesetaraan Gender, Sekolah Ini Ajarkan Murid Pria Cuci & Setrika BajuFoto: Dok. Elite Readers

Program sekolah yang melibatkan guru dan voluntir ini ternyata disambut baik para orangtua murid. Bahkan beberapa ayah siswa yang melihat demonstrasi pengajaran ingin ikut membantu dan belajar serba-serbi tentang pekerjaan rumah tangga.

Simak Video "Demi Anak Sekolah, Kim Kardashian Rogoh Kocek Fantastis"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)