J-Lo Dituntut Rp 2,1 Miliar karena Posting Fotonya Sendiri di Instagram

Hestianingsih - wolipop Selasa, 08 Okt 2019 07:40 WIB
Jennifer Lopez (Foto: Getty Images) Jennifer Lopez (Foto: Getty Images)

Los Angeles - Mem-posting foto sendiri di media sosial sepertinya tidak akan menjadi masalah besar. Tapi lain halnya jika dia adalah seorang selebriti. Sembarangan mengunggah foto hasil jepretan orang lain, meskipun objek di dalamnya adalah dirinya sendiri, bisa berujung pada tuntutan hukum.

Hal ini terjadi pada Jennifer Lopez atau J-Lo. Penyanyi dan aktris berdarah latin ini dituntut sejumlah uang karena dianggap melanggar hak cipta. Tak main-main, tuntutannya mencapai USD 150 ribu atau sekitar Rp 2,1 miliar.


[Gambas:Instagram]


Diberitakan People dan E! News, situs berita Splash News dan Picture Agency menuntut sang selebriti karena mem-posting foto hasil bidikan kamera mereka di Instagram Story. Foto yang memperlihatkan J-Lo dan tunangannya Alex Rodriguez sedang bergandengan tangan itu diunggah dua tahun lalu.

Dalam tuntutannya, Splash News dan Picture Agency mengklaim kalau mereka adalah pemegang hak cipta eksklusif untuk foto yang diambil di New York City tersebut. J-Lo sendiri sudah dikirimkan surat pemberitahuan resmi tentang pelanggaran hak cipta tersebut melalui perwakilannya pada 12 Desember 2019.

Dalam dokumen tuntutannya, mereka menyatakan, "Ini adalah tuntutan untuk pelanggaran hak cipta yang diajukan penggugat, pemegang hak cipta dari foto yang dimaksud, melawan tergugat atas penggunaan foto penggugat tanpa wewenang atau izin."
J-Lo Dituntut Rp 2,1 Miliar karena Posting Fotonya Sendiri di InstagramFoto: Getty Images

Pihak penggugat menambahkan, "Foto ini adalah karya kreatif, khusus dan bernilai. Karena status selebriti dari subjek foto tersebut, dan kualitas serta nilai visualnya, maka penggugat (dan fotografer) menuntut pendapatan dari lisensi foto tersebut."

Pihak penggugat keberatan Jennifer Lopez mem-posting foto tersebut di Instagram, karena berarti ia telah menyebarkannya ke publik. Membuat foto yang seharusnya eksklusif jadi mudah diakses oleh jutaan follower-nya, juga dapat digunakan pihak lain sebagai konten artikel, tanpa bayaran.

Selain uang miliaran rupiah, Splash News dan Picture Agency juga menuntut penyanyi 50 tahun itu dan manajemennya agar tidak lagi mem-posting foto milik mereka di kemudian hari. Sementara itu pihak J-Lo belum memberikan komentar maupun klarifikasi terkait kasus tersebut.

Selain J-Lo, sejumlah selebriti juga pernah dikenai kasus serupa. Gigi Hadid, Khloe Kardashian hingga Ariana Grande pernah dituntut paparazzi hingga miliaran rupiah karena postingan foto mereka sendiri di Instagram.



Simak Video "Deretan Selebriti yang Ogah Tampil Sendiri di Red Carpet Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)