Demo Santuy ala Gen Z: Protes Pemerintah Sekalian Pansos, Salahkah?

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 06 Okt 2019 11:30 WIB
Foto: Twitter/@ZackyMochammed Foto: Twitter/@ZackyMochammed

Jakarta - Aksi mahasiswa memadati kawasan sekitar Gedung DPR/MPR RI dengan membawa poster yang berisi protes terhadap pemerintah baru-baru ini menarik atensi masyarakat. Salah satu yang menjadi perhatian adalah poster-poster dengan pesan lucu tapi menohok yang dibawa para mahasiswa. Ada juga mahasiswa yang bergaya santuy naik mobil mewah saat demo atau bahkan melakukan review makeup.

Terlalu santuy alias santainya sejumlah mahasiswa dalam berdemo ini pun jadi tak lepas oleh kritik di media sosial. Ada netizen yang menyebut para mahasiswa yang berdemo ini ingin pansos alias panjat sosial. Mereka yang pansos ini ingin meningkatkan status sosialnya khususnya di media sosial.

Salahkah jika ada mahasiswa yang demo sekaligus ingin pansos? Psikolog Tiara Puspita N. M.Psi mengatakan yang perlu diperhatikan dari adalah efek dari perilaku tersebut.



Menurutnya jangan sampai karena ingin pansos, aspirasi yang ingin disampaikan malah dianggap tidak serius atau hanya main-main.

"Sehingga aspirasi yang ingin disampaikan jadinya salah kaprah. Apalagi yang perlu dipahami adalah mereka juga memakai atribut kampus. Jadi dampaknya bisa saja bukan untuk diri mereka sendiri tapi juga almamaternya," ujar Tiara saat berbincang dengan Wolipop.



Tiara melihat aksi mahasiswa berdemo kemudian eksis di media sosial ini sebenarnya tidak melulu bisa disebut sebagai pansos. Menurutnya demo mahasiswa zaman dulu dan sekarang memang sudah berbeda. Kehadiran teknologi memengaruhi cara mahasiswa dalam berdemo.

"Dulu nggak ada kan demo sambil posting di media sosial," katanya.

Tiara menambahkan mengunggah aksi unjuk rasa ke media sosial di zaman sekarang ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menyampaikan sebuah aspirasi dengan positif. Selama aspirasi yang disampaikan tidak mengandung hoax, penyebaran informasi melalui media sosial bisa lebih cepat dan luas.



Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)