Kontroversi Gaya Tertutup Cardi B di Paris, Dianggap Diskriminasi Muslim

Vina Oktiani - wolipop Senin, 30 Sep 2019 15:20 WIB
Cardi B. Foto: Getty Images Cardi B. Foto: Getty Images

Jakarta - Rapper asal Amerika Serikat, Cardi B menuai kontroversi karena baju yang dipakainya di Paris Fashion Week. Dalam unggahan dari akun Twitter pribadinya, Cardi B tampak menggunakan baju berwarna biru hijau dengan motif bunga.

"Paris fashion week, aku di sini!" tulis Cardi B di Twitter disertai video dirinya asyik berlenggak-lenggok di jalan yang berada di depan Menara Eiffel di Paris.


Yang menjadi perdebatan dari penampilan Cardi B di Paris ini adalah karena kostum karya desainer Richard Quinn yang dikenakan oleh penyanyi kelahiran 11 Oktober 1992 itu tertutup dari atas sampai bawah. Wajah Cardi B pun ikut tertutup oleh kostum yang dikenakannya. Ini yang kemudian membuat masyarakat menjadi bertanya-tanya karena tidak ada polisi yang berusaha mencegah rapper wanita itu padahal menutupi wajah di tempat umum adalah hal yang illegal di Prancis.

Sejak 2011, Prancis menjadi negara pertama yang tidak memperbolehkan masyarakatnya untuk menutup wajah. Hal ini berlaku bagi siapun yang berada di sana, termasuk mereka yang beragama muslim juga tidak diperkenankan menggunakan burqa ataupun niqab. Sesuai aturan di Prancis, menggunakan penutup wajah dianggap dapat menimbulkan risiko keamanan. Peraturan ini sempat mendapatkan kritik sebagai anti-muslim.

Oleh karena itulah saat Cardi B tampil dengan busana yang tertutup hingga menutupi wajahnya, beberapa orang menganggap ini perlakuan yang tidak adil bagi kaum muslim. Sementara wanita muslim dilarang, pelantun 'Press' itu bebas melenggang dengan gaya eksentriknya tersebut.


Berikut ini sederet kemarahan netizen atas diskriminasi pemerintah Prancis yang mengizinkan Cardi B bebas bergaya dengan busana yang menutup seluruh wajah dan tubuhnya:

"Jadi ini illegal bagi kaum Muslim untuk mengenakan niqab di Prancis, tetapi saat Cardi B berdandan dalam pakaian 'kepala sampai kaki' untuk Paris Fashion Week itu dirayakan? Tanya yang lain," tulis pemilik akun Twitter @kirstyleanned.


"Apakah ada orang di Prancis yang akan mengajukan masalah keamanan tentang Cardi B yang sepenuhnya menutupi dirinya, atau apakah argumen itu hanya berlaku untuk wanita Muslim di niqab? " tulis pengguna Twitter lainnya mempertanyakan.

"Sangat munafik bagi pemerintah Prancis untuk mengizinkannya berpakaian seperti itu ketika beberapa tahun yang lalu mereka mengumumkan larangan burqa, sehingga membuat wanita Muslim membuka pakaian di pantai hanya karena mereka memakai terlalu banyak pakaian," kata salah satu pengguna Twitter lainnya.


"Gwaarrrn @iamcardib !! Saya harap ini mengingatkan orang-orang bahwa Niqab dilarang di tempat-tempat umum di Prancis & dikenakan denda hingga € 150, " tulis pemilik akun Twitter @missnemmanuel.

Penampilan Cardi B ini kemudian menjadi pertanyaan netizen, apakah aturan di Prancis benar-benar sudah ditegakkan secara setara? Bagaimana menurutmu?

Simak Video "Bikin Pangling! Cardi B Kenakan Bodysuit Bermotif Bunga di Paris"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)