Ini Arti Kata Pansos yang Dituduhkan Atta Halilintar ke Bebby Fey

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 28 Sep 2019 16:00 WIB
Foto: Ismail/detikFoto Foto: Ismail/detikFoto

Jakarta - YouTuber Atta Halilintar tengah berseteru dengan DJ Bebby Fey. Dituduh pernah melakukan pelecehan oleh Bebby, Atta pun menyebut wanita tersebut pansos (panjat sosial). Pansos sendiri menjadi istilah yang belakangan sering digunakan, terutama untuk menyinggung seseorang. Apa sebenarnya arti kata pansos?

Pansos atau juga dikenal sebagai 'social climbing' biasa dipakai untuk menggambarkan orang yang menggunakan pertemanan sebagai alat menaikkan status sosial. Dengan kata lain, orang tersebut dituduh memanfaatkan pihak lain yang derajat sosialnya lebih tinggi dengan harapan bisa terkenal, diterima di lingkungan kelas atas atau paling tidak terlihat lebih berkelas.

"Udah mbak pansosnya? Udah ngarang-ngarangnya? Udah siap keluarin single? Udah puas dapat endorse banyak? Udah roadshow TV-nya?" tulis Atta Halilintar di Instagram miliknya pada Kamis (26/09/2019).


Ini Arti Kata Pansos yang Dituduhkan Atta Halilintar ke Bebby FeyBebby Fey yang dituduh pansos oleh Atta Halilintar. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Dalam kasus Atta Halilintar, YouTuber itu menuding Bebby mengarang cerita agar diri DJ tersebut bisa mendapat pamor demi kepentingan kariernya. Bebby Fey sendiri mengaku punya sejumlah bukti foto bahwa keduanya memang pernah lebih dari sekadar teman dan terjadi pelecehan seksual untuk dilaporkan ke Komnas Perempuan.

Menurut berbagai sumber, orang pansos atau 'social climber' bisa melakukan berbagai cara demi mendapatkan penerimaan sosial. Salah satu ciri orang pansos adalah suka memaksakan pertemanan dan bermuka dua untuk mendapat perhatian dari pihak-pihak yang diinginkan. Bukan tidak mungkin mereka akan meninggalkan atau mengacuhkan teman lain yang tidak menguntungkan.
Ini Arti Kata Pansos yang Dituduhkan Atta Halilintar ke Bebby FeyAtta Halilintar. Foto: Noel/detikHOT
Di era media sosial, pansos pun bisa dengan mudah ditemui. Orang yang punya kecenderungan untuk pansos sering kali terlihat pilih-pilih kawan demi membentuk lingkup pertemanan 'mahal'. Tak jarang mereka juga akan lebih sering memamerkan barang-barang mewah sehingga tampak borju. Biasanya hal ini juga dilakukan sekaligus agar mendapat lebih banyak pengikut atau like di media sosial.

Orang yang suka pansos pun sebaiknya dihindari. Tak hanya karena mereka punya niat yang kurang baik sejak awal, social climber juga sering kali suka bersikap posesif dan mengatur dalam pertemanan. Jika bisa, hindari mengandalkan orang-orang seperti itu untuk menjadi teman baik karena mereka bisa jadi kurang dapat dipercaya.

Simak Video "Cantik! Saat Tisu Toilet Disulap Jadi Gaun Pengantin"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/hst)