Viral, Wajah Kesal Greta Thunberg karena Jalannya Disalip Trump di PBB

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 25 Sep 2019 06:14 WIB
Aktivis lingkungan Greta Thunberg saat berpidato tentang masalah pemanasan global di PBB. Foto: Getty Images Aktivis lingkungan Greta Thunberg saat berpidato tentang masalah pemanasan global di PBB. Foto: Getty Images

New York City - Aktivis lingkungan Greta Thunberg tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bukan cuma karena pidato emosionalnya yang menghujat pemimpin dunia terkait masalah pemanasan global di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ekspresi wajah Greta karena Trump juga ramai dibahas.

Semuanya bermula saat Greta hendak masuk ke acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim di markas PBB di New York City, AS, Senin (23/9/2019). Tiba-tiba saja Presiden AS Donald Trump muncul untuk menghadiri acara yang sama.

Viral, Wajah Kesal Greta Thunberg karena Jalannya Disalip Trump di PBBAktivis lingkungan Greta Thunberg berpidato tentang masalah pemanasan global di hadapan para pemimpin dunia saat KTT Iklim di PBB, Senin (23/9/2019). (Foto: Getty Images)

Akibatnya, jalan Greta terhalang karena protokoler yang mendahulukan Trump dan rombongannya. Aktivis yang baru berusia 16 tahun itu terpaksa berhenti dan sempat menunggu beberapa saat lantaran Trump juga meladeni pertanyaan gerombolan pers di situ.

Momen tersebut sempat terekam dalam sebuah video dan berujung viral. Tampak Greta memberikan ekspresi kesal di wajahnya sembari menatap orang nomor satu di AS itu.

Di KTT Iklim PBB, remaja asal Swedia itu berkesempatan memberikan pidato di hadapan para pemimpin dunia tentang masalah pemanasan global. Dengan nada kesal, ia meluapkan amarahnya karena kecewa terhadap para kepala negara yang tak becus menangani isu tersebut.

"Teganya Anda. Anda telah mencuri mimpi saya dan masa kecil saya dengan omong kosong Anda. Kita saat ini berada di awal dari kepunahan massal, tetapi yang Anda bicarakan ialah uang dan dongeng tentang perkembangan ekonomi. Anda telah mengecewakan kami," kata perempuan asal Swedia tersebut sembari menitihkan air mata kekecewaan seperti dikabarkan Reuters.

Viral, Wajah Kesal Greta Thunberg karena Jalannya Disalip Trump di PBBPresiden AS Donald Trump di KTT Iklim di PBB, Senin (23/9/2019). (Foto: Getty Images)

Trump juga menghadiri pertemuan tersebut, tapi hanya 15 menit. Trump lalu berkicau tentang Greta di Twitter. "Dia terlihat seperti gadis kecil yang bahagia menatap masa depannya yang baik dan cerah. Senang bisa melihatnya," tulis Trump sambil me-retweet cuitan Wired tentang pidato Greta. Media internasional menyebut cuitan tersebut bernada sarkastis untuk mengejek Greta.

Meski baru berusia 16 tahun, Greta sangat vokal terhadap isu lingkungan lewat aksi protes yang digelarnya di berbagai penjuru dunia. Atas kepedulian dan keberaniannya, ia sempat masuk nominasi penerima Nobel Perdamaian tahun ini. Majalah Time juga menyertakan Greta di daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Seniman Ini Jadikan Donald Trump Sebagai Barbie"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)