Dilarang Nonton Bola di Stadium, Wanita di Iran Menyamar Jadi Pria

Siti Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 07 Sep 2019 16:11 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Teheran -

Iran masih melarang wanita untuk masuk stadium dan menyaksikan acara olahraga. Sejumlah wanita pun nekat melakukan cara ilegal untuk bisa menonton para atlet bertanding secara langsung, termasuk menyamar sebagai pria. Beberapa waktu lalu seorang wanita ketahuan berpakaian seperti pria dan menonton bola di stadium di Terhran dan ditangkap. Menolak untuk ditahan, ia pun membakar dirinya sendiri di luar kantor pengadilan.

Seorang wanita yang diketahui bernama Sahar dilarikan ke rumah sakit Motahari pada bulan Maret lalu. Hingga kini, ia pun masih dalam perawatan intensif untuk menyembuh luka bakar yang menyelimuti hampir 90% tubuhnya. Hal itu terjadi setelah Sahar ditangkap dan membakar dirinya sendiri karena ketahuan masuk stadium dan berpakaian sebagai pria.


Dilarang Nonton Bola di Stadium, Wanita di Iran Menyamar Jadi PriaFoto: Getty Images

Sahar ditahan dengan alasan melecehkan publik dengan mengabaikan cara berpakaian wanita. Sahar pun diberi tahu bahwa ia bisa dipenjara hingga enam bulan. Setelah mendengar hal tersebut, ia membakar diri sendiri dengan bensin setelah meninggalkan kantor pengadilan.

Dilansir Times of Israel, kejadian mengejutkan ini bisa jadi dipicu karena kondisi bipolar yang diidap Sahar. Hal tersebut disampaikan oleh saudarinya yang mengaku jika Sahar telah menerima perawatan selama dua tahun terakhir.

Sejak 1979, pemerintahan Iran memang telah melarang wanita menghadiri acara olahraga. Para aktivis wanita di negara tersebut pun telah lama mengampanyekan masalah ini. Beberapa waktu lalu mulai muncul aturan bahwa wanita bisa menonton pertandingan voli jika ditemani suami.


Namun November tahun lalu, sebuah pengecualian dilakukan di mana para wanita boleh menghadiri Liga Champions Asia di Azadi Stadium, Tehran. Namun penonton wanita dipisahkan dari pria. Karena hal ini, FIFA juga telah berkampanye agar wanita di Iran diperbolehkan menonton bola untuk mendukung kesetaraan gender.

Kehadiran wanita dalam pertandingan bola kerap menjadi perbincangan. Beberapa waktu lalu, seorang jurnalis foto Forough Alaie ditangkap karena mencoba masuk ke pertandingan bola. Forough adalah jurnalis berprestasi yang pernah memotret para wanita mencoba masuk stadium dengan berpakaian seperti pria dan pakai janggut palsu. Sebelumnya seorang fotografer juga terpaksa harus memotret pertandingan dari atas rumah karena tidak diperbolehkan masuk stadium.





Simak Video "Viral! Pemain Sepakbola Wanita Lindungi Lawan yang Hijabnya Terlepas"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)