Cerita di Balik Podcast Horor Do You See What I See yang Selalu Trending

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 07 Sep 2019 11:21 WIB
Rizky Ardi Nugroho, pria di balik podcast Do You See What I See. (Foto: Gresnia Arela/Wolipop) Rizky Ardi Nugroho, pria di balik podcast 'Do You See What I See'. (Foto: Gresnia Arela/Wolipop)

Jakarta - Kamu pengguna Spotify dan penggemar cerita horor, pasti sudah tidak asing dengan Podcast, Do You See What I See atau disingkat (DYSWIS). Kumpulan Cerita Horor True Story, demikian bio yang tertulis di Podcast buatan dari pria bernama Rizky Ardi Nugroho atau lebih dikenal dengan nama @mizter.popo.

Sejak diunggah perdana pada November 2018, Do You See What I See langsung menarik telinga pendengar Podcast Indonesia. Podcast tersebut selalu menduduki peringkat pertama chart di Spotify.Menurut Rizky, Do You See What I See sudah didengarkan lebih dari 7,8 juta orang di Spotify.


Cerita di Balik Podcast Horor Do You See What I See yang Selalu TrendingRizky Ardi Nugroho, pria di balik podcast 'Do You See What I See'. (Foto: Gresnia Arela/Wolipop)

Rizky sang penggagas Podcast horor ini lebih dulu dikenal sebagai mizter lewat konten YouTube Raditya Dika yang merupakan temannya semasa duduk di bangku SMUN 70. Cerita horor yang dikisahkannya dalam YouTube Raditya Dika berjudul PARANORMAL EXPERIENCE: RUMAH TERSERAM JOGJA, menarik perhatian netizen. Video yang berisi obrolannya dengan Raditya mengenai rumah eyangnya di Yogyakarta itu hingga kini sudah ditonton lebih dari 6,5 juta kali.

"Hari itu langsung naik terus malamnya langsung trending nomor 4, Gilakkk banget. Radit sampai kaget aja kok ada sebuah konten yang durasinya panjang dan cerita horor orang mau tetap stay sampai selesai," tutur Rizky saat berbincang dengan Wolipop di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

[Gambas:Instagram]

Sejak muncul di Youtube Raditya Dika, Rizky merasakan followers-nya di Instagram langsung melesat drastis. Akhirnya banyak dari warganet yang memintanya untuk kembali bercerita horor

Pria berusia 34 tahun itu kemudian mulai termotivasi untuk terus bercerita horor. Awalnya Rizky mencoba bercerita melalui Live Instagram. Lagi-lagi kisah horornya menyedor perhatian sampai mendapatkan tanda Top Live di Instagram. Akan tetapi dia merasa cerita horornya itu hilang dalam 24 jam. Dia pun terpikir untuk membuat konten Podcast.

Cerita di Balik Podcast Horor Do You See What I See yang Selalu TrendingFoto: Gresnia Arela/Wolipop

Rizky sendiri yang sebelumnya sibuk di dunia wirausaha, cukup aktif membuat saluran Podcast di Spotify yang bernama "Cerita Usaha". Dia juga membuat konten Podcast "Tegar di Atas Sunnah" karenaaktif mengkoordinir acara kajian.

Akhirnya ia memutuskan untuk membuat Podcast yang berisi cerita horor. Nama Podcast Do You See What I See (DYSWIS) diakuinya didapatkan secara spontan berdasarkan obrolannya dengan adiknya. Namun belakangan Rizky mengetahui nama Podcastnya ternyata sama dengan hashtag yang digunakan seorang penulis komik di Twitter.

"Dia sempat marah sama saya. Dan saya sempat diserang sama followersnya dia. Dan saya dituduh mencuri hastag miliknya. Padahal saya nggak tahu dia siapa. Karena dia comic kan? Ya sudah saya bilang saya tidak kenal Anda dan saya bikin ini juga bukan karena melihat Anda. Dan saya podcast dan dia kan comic kan beda platform," jelas Rizky. Dia pun tidak meneruskan pertikaian itu dan memilih untuk berdamai dan meminta maaf.

Podcast Do You See What I See dimulai Rizky dengan merekam suaranya sendiri dan menceritakan kisah-kisah horor dari ayahnya. 'Cerita Horor True Story #1 Wisma Hambalang' jadi perkenalannya dengan para pendengar Podcast.

"Seminggu langsung mendapatkan peringkat satu dan yang direct message saya banyak banget isinya cerita horor semua. Lalu seminggu setelah tayang itu trending mulu sampai sekarang," kata Rizky.

Cerita di Balik Podcast Horor Do You See What I See yang Selalu TrendingFoto: Gresnia Arela/Wolipop

Setelah konten perdana itu, Rizky pun terus mendapatkan kiriman cerita horor melalui emailnya. Podcast horornya ini memang dibuat berdasarkan kisah nyata dari para pendengar yang mengirimkan cerita mereka. Untuk mengirimkan cerita horor, Rizky menerapkan beberapa aturan. Salah satunya si pengirim merekam sendiri suaranya saat menceritakan kisah horor mereka.

"Persyaratannya cukup mudah, ceritanya harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, tidak mengucapkan perkataan yang mengandung SARA, hindari hal syirik di dalam cerita, tidak menceritakan mimpi buruk, pastikan rekaman suara di tempat yang kedap suara dan tidak berisik, saat merekam suara silent dan matikan mode perangkat agar tidak mengganggu, lalu sebelum mengirimkan file suara jangan lupa mencantumkan akun Instagram, nomor WhatsApp dan email ke podcast.ceritahoror@gmail.com dengan subject "DYSWIS_Nama_Judul," jelasnya.

Rizky mengaku kebanjiran cerita horor hingga saat ini. Dia pun sampai membeli perangkat tambahan di Google untuk menampung stok cerita horor tersebut.

Rizky menerapkan sederet peraturan untuk mereka yang ingin mengirimkan cerita horor padanya karena tidak mau nantinya kisah jadi berbau klenik. "Karena pendengar saya mulai dari SD, SMP, SMA, kuliah sampai umur 40. Mereka kan tidak mempunyai value yang sama dalam memandang sebuah peristiwa. Makanya meloloskan semua yang nanti saya tidak pertanggungjawabkan makanya saya buat rules," katanya.

Apakah kamu juga termasuk penggemar Podcast Do You See What I See?

Simak Video "Tips dan Trik Bikin Podcast yang Seru"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)