Pertamakali, Acara Miss Venezuela Tak Ungkap Ukuran Pinggang & Dada Finalis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 02 Agu 2019 10:59 WIB
Miss Venezuela. Foto: AFP Miss Venezuela. Foto: AFP

Jakarta - Sejarah tercetak dalam Grand final Miss Venezuela 2019 yang diikuti oleh 24 konstestan pada Kamis (1/8/2019). Pada malam final itu, untuk pertamakalinya acara kontes kecantikan tersebut tidak mengumumkan ukuran tubuh para kontestannya. Artinya ukuran pinggang, dada dan pinggul para finalis tak disebutkan oleh MC saat para finalis tampil di atas panggung.

Perubahan besar ini terjadi setelah penyelenggara Miss Venezuela dikritik karena dianggap terlalu fokus pada penampilan fisik finalis. Pada penyelenggaraan sebelumnya, para finalis yang mengikuti Miss Venezuela akan dilihat ukuran tubuhnya. Mereka akan dianggap memiliki tubuh ideal jika ukuran lingkar pinggangnya 60 cm, lingkar dada 90 cm dan lingkar pinggul 90 cm.

Demi mendapatkan tubuh yang dianggap ideal ini, tak sedikit finalis Miss Venezuela yang melakukan diet ketat dan operasi plastik. Mereka akan melakukan vermak di berbagai bagian tubuh sehingga sesuai dengan penilaian kontes kecantikan tersebut.



Miss Venezuela 2019.Miss Venezuela 2019. Foto: Instagram @missvenezuela


Pada Miss Universe 2019, para kontestan masih akan berparade di atas panggung dalam pakaian renang dan gaun malam. Tapi penyelenggara mengatakan mereka tak akan melihat lagi ukuran tubuh finalis karena ingin melawan stereotip tentang bagaimana seorang wanita dianggap ideal dilihat dari bentuk badannya.

"Kecantikan seorang wanita itu bukan soal 90, 60, 90... tetapi diukur dengan bakat dan keahlian masing-masing," kata Gabriela Isler, juru bicara Miss Venezuela yang pernah meraih gelar Miss Universe 2013.

Miss Venezuela 2019.Miss Venezuela 2019. Foto: Instagram @missvenezuela


Acara Miss Venezuela merupkan bisnis yang besar di negara Amerika Latin tersebut. Namun kebesaran mereka tak mampu membuat mereka terhindar dari dampak krisis ekonomi yang dihadapi Venezuela. Begitu dahsyatnya efek krisis, sampai terjadi pemadaman listrik secara masal dan membuat Venezuela menjadi gelap pada pada Senin (22/7/2019).

Isler mengatakan jika pemadaman ini terjadi di malam grand final Miss Venezuela 2019, penyelenggara tidak akan bisa berbuat apa-apa. Mereka tidak memiliki budget besar untuk antisipasi darurat pemadaman listrik.

Kontes kecantikan Miss Venezuela sudah berjalan sejak 1952. Kontes tersebut menghasilkan tujuh pemenang Miss Universe dan enam pemenang Miss World.



Simak Video "Mantan Miss Universe Tertahan di Bali karena Masalah Paspor?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)