Iklan AC Dikecam karena Tampilkan Tulisan Seksis 'Your Wife Is Hot'

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 24 Jul 2019 08:45 WIB
Iklan dikecam karena tulisannya dianggap seksis. Foto: BBC Iklan dikecam karena tulisannya dianggap seksis. Foto: BBC

Nottingham - Sebuah papan billboard di Nottingham yang mengiklankan tentang pendingin ruangan baru-baru ini ramai dibicarakan. Pasalnya, iklan ini dinilai tidak sopan dan terlalu seksis.

Awalnya iklan ini direncanakan untuk dipasang pada tujuh bus di Nottingham, Inggris. Namun ternyata ditolak oleh persuahaan pengiklan yang bernama Adverta. Pihak Adverta juga mengatakan bahwa iklan ini bisa membuat orang tersinggung.

Hal yang menjadi masalah dalam iklan ini adalah tulisan yang menyebut, "Your Wife Is Hot!". Lee Davis, orang yang merancang iklan ini mengatakan bahwa dirinya tidak bermaksud untuk menyinggung siapapun. Ia hanya ingin menyisipkan humor pada iklan AC tersebut.


Davis sebelumnya juga pernah melihat iklan serupa di Amerika dan dari situlah ide untuk mengiklankan pendingin ruangan ini muncul. Dirinya juga mengatakan bahwa sebelum membuat iklan tersebut, ia sudah meminta pendapat dari ibu dan istrinya, dan mereka pun menyetujuinya.

Banyak pihak yang tidak setuju dengan iklan ini, salah satunya Profesor Carrie Paechter, Direktur Nottingham Centre for Children, Youth People and Families. Paechter mengatakan bahwa iklan pendingin ruangan ini sudah jadul seperti tahun 1950 dan meminta untuk dihilangkan.

"Jika saya memiliki anak kecil, saya tidak akan membiarkan mereka melewatinya di perjalanan menuju sekolah, karena pesan yang diberikan iklan tersebut tentang lingkungan kita," ungkap Paechter dikutip dari BBC.


Dia melanjutkan, "Pesan tersebut seolah mengatakan tidak masalah berkomentar tentang tubuh wanita, dan bahwa tubuh wanita itu hanyalah properti seseorang karena kata - 'istrimu.'"

Tidak hanya Paechter, banyak pihak yang juga tidak setuju dan menganggap iklan ini tidak nyambung.

"Saya tidak melihat adanya keterkaitan iklan ini dengan pendingin ruangan", ucap Alison Marshal.


"Ini ditujukan untuk para pria padahal setiap orang bisa membeli pendingin ruangan. Saya hanya tidak mengerti bagaimana bisa itu dibuat di billboard," tambahnya.

Sementara itu Space Outdoor selaku pemilik billboard melihat tidak ada yang salah dari iklan tersebut. Andrew Foster, pimpinan perusahaan yang menyediakan jasa iklan billboard menyebut bahwa sebelum dipajang, ia sudah meminta pendapat dari sejumlah warga dan respons mereka cukup positif.

"Semua iklan kami sudah diseleksi dan dinilai oleh tim internal. Kami tidak akan mengiklankan apapun yang tidak senonoh, ilegal atau tak bermoral dan dalam kasus ini menurut kami iklannya bagus dan tidak menyinggung," pungkas Andrew.

Simak Video "Cerita Nadia saat Sang Kekasih Lamar Dirinya Lewat Billboard"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)