Viral Wanita Ditagih Rp 1,4 Juta karena Menumpahkan Permen di Taksi Online

Hestianingsih - wolipop Rabu, 24 Jul 2019 06:48 WIB
Lydia Williams. Foto: Twitter Lydia Williams. Foto: Twitter

Jakarta - Kejadian buruk yang menimpa wanita satu ini mungkin bisa dijadikan pelajaran agar tidak berbuat seenaknya di mobil taksi online. Gara-gara menumpahkan permen di dalam mobil ia didenda dengan jumlah yang terbilang tak sedikit.

Lydia Williams tak pernah menyangka, kecerobohannya saat menumpang Uber, berujung denda hingga ratusan ribu rupiah. Peristiwa itu terjadi saat ia dan kekasihnya pulang dari sebuah acara.

Setelah menghabiskan malam bersama sang kekasih, Lydia Williams pulang dengan naik taksi online. Saat berada di dalam mobil ia mengeluarkan sebungkus permen untuk dikudap selama perjalanan. Namun karena tak hati-hati beberapa permennya jatuh ke lantai dan celah pintu mobil.

Beberapa hari kemudian, wanita 24 tahun ini dibuat terkejut saat Uber mengirimkan tagihan, dan memasukkan biaya membersihkan mobil di dalamnya. Jumlahnya pun tak disangka, 80 Poundsterling, atau sekitar Rp 1,4 juta.
Viral Wanita Ditagih Rp 1,4 Juta karena Menumpahkan Permen di Taksi OnlineFoto: Twitter

Lydia pun mengunggah screenshot tagihan itu di Twitter dan menjadi viral. Dalam postingannya ia merinci bahwa biaya membersihkan permen dihitung 4 Poundsterling per biji. Karena permen yang tumpah ke lantai berjumlah 20 biji, maka biayanya melebihi Rp 1 juta.

"Nggak percaya aku suruh bayar £80 oleh Uber karena 'kerusakan' akibat permen Skittles yang tumpah," cuit Lyndia.

Dia juga mem-posting foto yang memperlihatkan email resmi dari Uber yang menyatakan bahwa akibat perbuatannya, aplikasi taksi online itu harus mengeluarkan biaya lebih, untuk membersihkannya.

"Kekacauan yang terjadi karena perjalanan Anda memerlukan tenaga profesional untuk membersihkannya. Saat supir Anda mengajukan biaya pembersihan, kami menyetujuinya dan mengenakan biaya berdasarkan skala kekacauan yang terjadi dan biaya pembersihan yang wajar," demikian surat yang tertulis pada email, seperti dikutip dari Mirror.
Viral Wanita Ditagih Rp 1,4 Juta karena Menumpahkan Permen di Taksi OnlineFoto: Twitter

Pihak Uber melanjutkan, "Akibat insiden yang terjadi dalam perjalanan tersebut, biaya pembersihan sebesar £80 kami tagihkan. Kami juga melampirkan foto dari kejadian itu."

Lydia protes karena besarnya biaya membersihkan permen yang dibebankan padanya. Padahal, ia mengklaim telah membelikan makanan dan minuman untuk supir taksi online dalam perjalanan. Jika tahu tagihan bersih-bersih bisa sebesar itu, dia pun akan memungutnya kembali saat itu juga.

Keluhan Lydia mendapat respons yang beragam dari netizen. Ada yang membela namun tak sedikit justru mengritiknya.

"Itu alat pengisap debu yang mahal," komentar netizen.

Respons lainnya menyatakan, "£80 untuk membersihkan kurang dari 20 permen Skittles. Wow! Kalau begitu aku bisa dapat uang lebih banyak karena istriku menumpahkan lebih banyak dari itu."
Viral Wanita Ditagih Rp 1,4 Juta karena Menumpahkan Permen di Taksi OnlineFoto: Twitter

"Biayanya memang sangat mahal tapi kenapa kamu tidak memungutnya saat itu?" tulis netizen yang kontra.

"Menurutmu membuang makanan di dalam kendaraan itu sopam? Kenapa tidak kau pungut saja sih?" ujar netizen lainnya.

Menanggapi insiden tersebut, Uber menyatakan komitmennya dalam menjembatani penumpang dan supir, bahwa kedua pihak harus sama-sama dihargai. Dalam kasus ini Uber berpihak pada mitra kerjanya karena jika ada sedikit saja kerusakan pada kendaraannya bisa berakibat dia tak dapat mencari nafkah.

"Saat supir mengklaim biaya membersihkan mobil, mereka diharuskan menyertakan detail perjalanan dan insiden yang terjadi, termasuk foto sebagai bukti dan bon jasa pembersihan yang tervalidasi," demikian Uber menulis.

Simak Video "Tips Tampil Manis dengan Blush On Natural ala Jessica Iskandar"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)