Ibu Negara Turki Dikecam Pakai Tas Ratusan Juta Saat Krisis Ekonomi

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 03 Jul 2019 17:51 WIB
Emine Erdogan menenteng tas Hermes seharga ratusan juta. Foto: CHARLY TRIBALLEAU / AFP Emine Erdogan menenteng tas Hermes seharga ratusan juta. Foto: CHARLY TRIBALLEAU / AFP

Jakarta - Penampilan ibu negara Turki, Emine Erdogan, saat menghadiri KTT G20 menjadi sorotan di negaranya. Emine dianggap tampil mewah karena menenteng tas seharga ratusan juta rupiah.

Emine Erdogan menentes tas Hermes Kelly berwarna hitam saat tiba di Osaka, Jepang, 27 Juni 2019 bersama suaminya Presiden Turki Erdogan. Turun dari pesawat, Emine terlihat membawa tas tersebut di tangan kanannya, sedangkan tangan kirinya memegang lengan suaminya.

Adalah koran lokal Turki, Cumhuriyet, yang menurunkan laporan mengkritik penampilan Emine Erdogan. ""While the citizens struggle with price hikes, the Palace does not step back from luxury," demikian koran tersebut menulis.

Dalam tulisannya, Cumhuriyet, menuding keluarga Erdogan sama sekali tidak meninggalkan kemewahan dalam hidup mereka sementara rakyat harus bersusah payah bertahan hidup di tengah krisis ekonomi Turki. Saat ini Turki memang sedang mengalami krisis keuangan ditambah lagi tingginya inflasi. Menjelang Desember 2018, 4,3 juta warga Turki dilaporkan tidak memiliki pekerjaan.



Ibu Negara Turki Dikecam Pakai Tas Ratusan Juta Saat Krisis EkonomiFoto: CHARLY TRIBALLEAU / AFP


Kondisi rakyat yang hidup susah karena krisis ini dianggap sungguh kontras dengan penampilan ibu negara Turki. Tas Hermes yang dibawanya merupakan seri Kelly berbahan kulit buaya yang mengkilap dan harganya diperkirakan mencapai US$ 50 ribu atau sekitar Rp 700 jutaan.

Kritik ini bukan yang pertama untuk Erdogan dan keluarga. Sebelumnya keluarga presiden Turki itu beberapakali mengalami kecaman serupa. Apalagi Erdogan tinggal di dalam istana yang dijuluki istana terbesar di dunia. Pembangunan istana itu dinilai kontroversial karena menghabiskan banyak uang, sementara rakyat Turki sendiri masih banyak yang miskin. Istana sang presiden nilainya mencapai Rp 7,2 triliun.




Simak Video "Inilah Bedanya Hijab Satin Asli dari Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)