Posting Foto Sendiri di Instagram, Ariana Grande Dituntut Rp 360 Juta

Hestianingsih - wolipop Rabu, 15 Mei 2019 15:08 WIB
Penampilan Ariana Grande saat konser. Foto: Getty Images Penampilan Ariana Grande saat konser. Foto: Getty Images

Jakarta - Ariana Grande dituntut seorang paparazzi karena mem-posting fotonya sendiri di Instagram. Fotografer bernama Robert Barbera meminta bayaran hingga ribuan dollar Amerika karena foto hasil jepretannya dipakai tanpa izin oleh pelantun lagu 'No tears Left To Cry' tersebut.

Foto yang diperkarakan diambil Robert Barbera tahun lalu, saat Ariana Grande keluar dari apartemennya. Dalam foto tersebut, penyanyi 25 tahun itu terlihat mengenakan sweater putih oversized dan boots warna senada.

Melengkapi penampilannya, Ariana Grande membawa tote bag transparan bertulisan 'Sweetener', yang merupakan titel album terbarunya. Foto tersebut kemudian di-posting ke akun Instagram resminya pada 17 Agustus 2018.

[Gambas:Instagram]


"Happy sweetener day," tulisnya di caption foto.

Postingan tersebut mendapatkan lebih dari 3 juta like. Namun saat ditilik Wolipop di Instagram Ariana Grande, foto yang dimaksud sudah tidak tersedia.

Dalam berkas perkara, Robert Barbera menuduh Ariana Grande telah menyomot hasil kerjanya tanpa izin. Untuk itu dia menuntut bayaran USD 25 ribu atau sekitar Rp 360 juta per foto.
"Grande melanggar hak cipta Barbera dalam foto tersebut dengan mereproduksi dan memperlihatkannya secara umum di halaman Instagram. Grande tidak, dan tidak pernah, diberikan lisensi maupun kuasa untuk reproduksi, memamerkannya ke publik, mendistribusikan dan/atau menggunakan foto tersebut," tulis Robet, seperti dilansir Buzzfeed.

Ariana Grande bukan selebriti pertama yang dituntut karena mem-posting fotonya sendiri. Gigi Hadid dan Khloe Kardashian pun pernah berurusan dengan hukum karena kasus serupa. (hst/hst)