Kasihan, Cerita Wanita Tertipu Miliaran Rupiah Oleh Jason Statham Palsu

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 01 Mei 2019 15:22 WIB
Jason Statham dan Rosie Huntington-Whiteley. Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images Jason Statham dan Rosie Huntington-Whiteley. Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images

Jakarta - Meski banyak manfaatnya, internet juga bisa menimbulkan kerugian. Para netizen yang aktif di media sosial pun kerap kali jadi sasaran kejahatan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari penipuan belanja online hingga hacker yang meminta uang. Seorang wanita bahkan tertipu hingga miliaran rupiah oleh seseorang yang berpura-pura menjadi aktor Jason Statham di Facebook.

Wanita tak beruntung yang menjadi korban penipuan online tersebut berasal dari Great Manchester, Inggris. Ia ditipu melalui fan page Facebook yang didedikasikan untuk Jason Statham. Wanita itu dihubungi oleh pemilik fan page yang awalnya dianggapnya sebagai bentuk keramahan Jason kepada fans. Sampai suatu hari 'Jason' meminta nomor WhatsApp untuk menggodannya agar memberikan uang.

Pria yang berpura-pura sebagai aktor laga berkepala plontos tersebut pun tampaknya tahu cara mengambil hati wanita. Ia dilaporkan sering memberi pesan yang isinya menyatakan cinta dan niat untuk saling bertemu. Penipu itu pun meminta uang kepada si wanita dengan alasan pembayaran film terakhirnya tertunda.


Jason Statham.Jason Statham. Foto: Dok. Film District


Kepada BBC Radio Mancehester, wanita tersebut mengaku sedang dalam kondisi rapuh ketika menjadi target penipuan. Ia mengatakan baru saja ditinggal ibu sekaligus tunangannnya. "Aku orang yang cukup kuat tapi pastinya beberapa hal bisa mengenaimu dan membuatmu lemah. Aku merasa aku tidak berada di tempat yang benar karena apa yang aku lewati," ungkapnya.

Ia pun menunjukkan sejumlah pesan yang dikirim pria yang diketahui berpacaran dengan aktris Rosie Huntington-Whiteley itu. 'Jason' pun tampak benar-benar menjebaknya. 'Aku benar-benar butuh kamu melakukan ini karena aku tidak bisa percaya orang lain dengan uangku.' 'Kirimkan saja aku £20k (Rp 371 jutaan) malam ini dan besok kamu melakukan hal yang sama, maka hari Jumat semua sudah selesai'.

Wanita itu pun mengaku merasa sudah membangun hubungan dengan 'Jason' sehingga bersedia melakukannya. Ia tidak mengungkap berapa uang yang sudah dikeluarkan secara detail tapi mengatakan jumlahnya mencapai ratusan ribu poundsterling atau paling tidak Rp 1,8 miliaran. Tak dijelaskan bagaimana akhirnya wanita tersebut sadar telah ditipu tapi ia sudah melaporkan kasus ini kepada pihak yang berwajib.

Polisi Great Manchester pun memberi pernyataan bahwa sudah ada seribu laporan kasus serupa setiap bulannya. Pihak berwajib juga memperingatkan bahwa hubungan cinta online memang sering menjadi sarang penipuan. "Penipu kencan dan romansa menurunkan pertahanan target dengan membangun hubungan online lalu meminta uang yang lebih besar dan lebih besar. Pria dan wanita yang berniat baik jadi korban karena ini," ungkap kepolisian Great Machester kepada Dailymail.



Simak Juga 'Merasa Ditipu, Nicki Minaj Tolak Tampil di China':

[Gambas:Video 20detik]

(ami/eny)