Konsep Foto Blackpink Jadi Kontroversi Karena Dianggap Bertema KDRT

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 25 Apr 2019 10:11 WIB
Foto: Dok. Getty Images Foto: Dok. Getty Images

Jakarta - Blackpink kembali dengan albumnya yang diberi tajuk 'Kill This Love'. Seperti kebanyakan album KPop, photocard menjadi bonus yang dinantikan para penggemar. Namun kali ini sebagian fans sedikit kecewa dengan rangkaian kartu foto yang dirilis. Memperlihatkan para personel Blackpink dengan luka di wajah, beberapa penggemar menganggap jika mereka mempromosikan KDRT.

Dari postingan sejumlah penggemar di Twitter, terungkap konsep photo card Blackpink untuk album terbaru mereka. Setiap personel punya beberapa versi photocard yang semuanya menunjukkan wajah mereka dengan luka di bagian wajah. Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose pun dipotret dengan ekspresi wajah murung.

Foto-foto yang dianggap bertema kekerasan domestik tersebut membuat beberapa fans marah. YG Entertainment yang membawahi Blackpink pun dikritik karena seolah meromantisasi kekerasan dalam hubungan. Banyak orang mengatakan jika penindasan bukanlah sebuah konsep.



"Konsep Blackpink lebih memberdayakan dan konsep photocard yang YG promosikan tidak. Aku hanya merasa tidak nyaman melihat mereka seperti ini untuk sebuah photocard yang kamu koleksi. Mereka seharusnya mengeluarkan sesuatu yang bisa orang pilih untuk lihat atau bukan topik sensitif," tulis @eatjintaen.

Sejumlah penggemar KPop mengintrepretasi bahwa lagu Blackpink memang menyuarakan kekerasan dalam hubungan. Namun mereka tidak setuju jika hal tersebut ikut digambarkan dalam photocard.

"Berbicara mengenai kekerasan domestik, mengambil isu ini dan mengangkatnya dalam cerita tidak sama dengan berpose dengan lebam dan luka untuk photocard," kata @boyywithlove.

Meski banyak yang mengritik, sejumlah Blink (penggemar Blackpink) mengungkapkan ketidaksetujuan mereka jika konsep tersebut disebut sebagai KDRT. Beberapa dari mereka juga melihat konsepnya sebagai gambaran akan kekuatan dan membunuh hubungan cinta yang beracun atau tidak sehat sesuai judul lagu dan album.
(ami/ami)