YouTuber Dihujat Netizen karena Pura-pura Nikah dan Hamil Demi Konten

Hestianingsih - wolipop Senin, 22 Apr 2019 14:36 WIB
Youtuber Danielle Cohn dan Mikey Tua pura-pura menikah di Las Vegas. Foto: Screenshot YouTube/ Dani Cohn Youtuber Danielle Cohn dan Mikey Tua pura-pura menikah di Las Vegas. Foto: Screenshot YouTube/ Dani Cohn

Las Vegas - Bercandaan tentang kehamilan tidak pernah dianggap lucu karena bisa menyakiti hati para wanita yang sulit punya anak. Namun pasangan selebgram ini sepertinya tidak terlalu peka akan hal itu. Akibatnya, mereka pun mendapat kritikan pedas dari netizen.

Adalah Danielle Cohn dan Mikey Tua, selebgram remaja yang jadi kontroversi karena 'membohongi' netizen dengan pernikahan dan kehamilan palsu mereka. Pasangan yang masih berusia 15 dan 16 tahun tersebut baru-baru ini mem-posting video di YouTube yang memperlihatkan momen 'pernikahan' mereka.

Dalam video yang dibagi menjadi empat seri tersebut, mereka mendokumentasikan momen keduanya mengikat janji suci di Las Vegas. Hadir pula 'penghulu' berpakaian seperti Elvis Presley yang 'menikahkan' mereka.

Kemudian dalam seri video berikutnya, mereka memamerkan hasil scan yang seolah menunjukkan kalau Danielle telah hamil 12 minggu. Kebohongan belum berhenti sampai di situ. Untuk lebih meyakinkan viewers, pasangan yang telah satu tahun berpacaran itu menggelar pesta untuk mengungkap jenis kelamin si jabang bayi.
YouTuber Dihujat Netizen karena Pura-pura Nikah dan Hamil Demi KontenFoto: Screenshot YouTube/ Dani Cohn

Di video itu pula, Danielle dan Mikey mengumumkan bahwa pernikahan dan kehamilan tersebut ternyata hanya pura-pura. "Aku tidak benar-benar hamil, oke?" ujar Danielle.

Mereka tak menyangka kalau video prank tersebut ditanggapi sinis oleh netizen. Kritikan pun datang bertubi-tubi karena sebagai remaja yang terkenal di media sosial, keduanya terkesan tak sensitif terhadap isu kehamilan yang dialami banyak wanita.
"Aku tidak mengira akan sejauh ini (reaksinya). Aku pikir lelucon ini akan menyenangkan buat kalian semua," pengakuan Danielle, seperti dikutip dari The Sun.

Sementara itu pasangan Danielle, Mikey, menjelaskan bahwa video prank yang mereka buat bukanlah sekadar bercandaan. Melainkan sebuah imbauan agar pasangan muda memakai kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tak diinginkan.
YouTuber Dihujat Netizen karena Pura-pura Nikah dan Hamil Demi KontenFoto: Screenshot YouTube/ Dani Cohn

"Kehamilan di masa remaja sangatlah serius," ujar Danielle dan Mikey kepada 1,2 jutaan subscriber-nya. Seri video itu sendiri hingga kini sudah dilihat sebanyak 1,3 juta hingga 3,2 juta kali.

Meskipun sudah memberi penjelasan dan menyatakan kalau sebagian keuntungan yang mereka dapat dari viralnya video tersebut akan didonasikan ke yayasan Planned Parenthood, Danielle dan Mikey tetap mendapat hujatan netizen. Mereka menyebut aksi keduanya semata hanya untuk menjadi pusat perhatian.

"Aku akan melakukan segalanya agar bisa hamil seperti wanita lainnya di luar sana yang juga berusaha keras dengan masalah serius ini," komentar seorang netizen.
YouTuber Dihujat Netizen karena Pura-pura Nikah dan Hamil Demi KontenFoto: Screenshot YouTube/ Dani Cohn
Netizen lain menanggapi, "Entah itu kemandulan, keguguran, kematian bayi, begitu banyak situasi yang tidak mengenakkan dan kamu bercanda soal itu!"

"Kalian harusnya malu, begitu juga dengan orang-orang dewasa di sekitarmu. Dewasalah," kritik netizen.

"Bercandaan sebenarnya menyenangkan dan tidak jadi masalah, tapi jangan tentang situasi serius seperti ini. Kehamilan bukanlah lelucon," ujar netizen lagi.

YouTuber Dihujat Netizen karena Pura-pura Nikah dan Hamil Demi Konten
(hst/hst)