8 Fakta Suami Miliuner Salma Hayek, Sumbang Rp 1,9 T untuk Notre Dame Paris

Hestianingsih - wolipop Selasa, 16 Apr 2019 12:33 WIB
Salma Hayek dan suami miliunernya Francois-Henri Pinault. Foto: Getty Images Salma Hayek dan suami miliunernya Francois-Henri Pinault. Foto: Getty Images

Paris - Miliuner Francois-Henri Pinault disebut akan menyumbangkan uang sebesar 100 juta Euro atau sekitar Rp 1,9 triliun untuk pembangunan kembali Gereja Katedral Notre Dame, Paris, yang hangus terbakar pada Senin (15/4/2019). Pria 56 tahun ini merupakan bos Kering SA yang membawahi brand fashion mewah seperti Gucci dan Balenciaga, juga suami aktris Salma Hayek.

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyatakan akan sepenuhnya membangun kembali gereja yang sudah berusia lebih dari 800 tahun itu. Ia pun berharap donasi dari Francois-Henri Pinault bisa membantu rencana itu agar terlaksana.

"Kita akan membangun kembali Notre Dame karena itulah yang rakyat Prancis harapkan. Inilah yang pantas diterima sejarah kita. Ini adalah takdir kita," kata Emmanuel, seperti dikutip dari AFP.


8 Fakta Suami Miliuner Salma Hayek, Sumbang Rp 1,9 T untuk Notre Dame ParisMiliuner Francois-Henri Pinault sumbang triliunan rupiah untuk bangun kembali Gereja Katedral Notre Dame. Foto: Getty Images

Seperti apa sosok Francois-Henri Pinault? Berikut ini fakta-faktanya.

1. Francois Henri Pinault menjabat sebagai CEO Kering sejak 2005. Namun kala itu perusahaannya masih bernama PPR (Pinault Printemps Redoute) atau dikenal juga dengan Pinault Distribution. Ia meneruskan usaha sang ayah, Francois Pinault, yang dirintis sejak 1963.

2. Pada 2013, Francois Henri Pinault mengubah nama PPR menjadi Kering. Nama baru ini diambil dari kata 'Ker' yang berarti 'rumah' dan jika diucapkan dalam dialek Breton, terdengar seperti 'caring' yang artinya mengasihi.

3. Perusahaan yang dipimpinnya memayungi sejumlah brand fashion mewah. Beberapa di antaranya Gucci, Balenciaga, Alexander McQueen, Bottega Veneta dan Brioni.
8 Fakta Suami Miliuner Salma Hayek, Sumbang Rp 1,9 T untuk Notre Dame ParisSalma Hayek dan suami miliunernya Francois-Henri Pinault. Foto: Getty Images

4. Kekayaan Francois saat ini diperkirakan mencapai USD 17,3 miliar atau sekitar Rp 243 triliun.

5. Francois menjalin asmara dengan Salma Hayek selama 11 bulan, sebelum bertunangan pada 2007 dan menikah dua tahun kemudian di Paris.

6. Siapa sangka, Francois di masa lalu tidak berniat meneruskan usaha keluarganya. Seperti dikutip dari Style Caster, ia awalnya berniat meninggalkan bisnis yang dibangun ayahnya untuk bersekolah di Stanford Business School, Inggris. Namun karena tidak mendapatkan kartu hijau untuk menjadi penduduk tetap, ia akhirnya memutuskan bekerja untuk ayahnya.


8 Fakta Suami Miliuner Salma Hayek, Sumbang Rp 1,9 T untuk Notre Dame ParisSalma Hayek dan suami miliunernya Francois-Henri Pinault. Foto: Getty Images

7. Francois diketahui suka mengoleksi jam tangan. Ia memiliki lebih dari 60 jam tangan mewah. Beberapa di antaranya datang dari brand Piaget dan Audemars Piguet.

8. Selain kolektor jam tangan, Francois juga sangat menyukai karya seni. Ia bahkan menjadi salah satu orang di peringkat teratas karena beberapa koleksi seninya termasuk langka. Sebut saja karya Picasso, Mondrian dan Jeff Koons. Kakek dari empat cucu ini juga memiliki tempat khusus untuk menyimpan koleksi seninya di Palazzo Grassi, Venice, Italia.
(hst/hst)
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya