Najib Razak Pakai Uang Korupsi Rp 1,85 Miliar untuk Beli Produk Chanel

Hestianingsih - wolipop Kamis, 04 Apr 2019 17:10 WIB
Mantan PM Malaysia Najib Razak. Foto: ABC Australia Mantan PM Malaysia Najib Razak. Foto: ABC Australia

Kuala Lumpur - Mantan PM Malaysia Datuk Seri Najib Razak disebut telah membelanjakan Rp 1,85 miliar dari total uang money laundry yang ia terima sebesar Rp 146 miliar, untuk membeli produk fashion dari brand high-end Chanel. Seperti dikutip dari The Star dan Asia One, transaksi itu terjadi empat tahun lalu.

Produk Chanel diketahui dibeli di sebuah butik di Honolulu, Hawaii. Terungkap juga bahwa pembelian dilakukan menggunakan kartu kredit.

Dalam pidato pembukaannya di sidang dakwaan pencucian uang yang menjerat Najib Razak, Jaksa Agung Tommy Thomas mengungkapkan bahwa terdapat bukti yang menunjukkan bahwa transaksi itu benar terjadi. Tercatat pada Desember 2014.


Mantan orang terkuat Malaysia ini diajukan ke pengadilan dengan dakwaan penyalahgunaan dana miliaran dolar dari Badan Investasi Negara 1MDB. Pihak penuntut mengenakan pasal-pasal pidana pencucian uang, penyalahgunaan kekuasaan dan menyalahgunakan kepercayaan rakyat.

Secara keseluruhan Najib dikenai 42 dakwaan. Bila dinyatakan bersalah atas semua dakwaan, dia bisa dijatuhi hukuman hingga 100 tahun penjara.


Dilansir detiknews, Najib didakwa dengan tuduhan yang berhubungan dengan pemindahan dana sekitar Rp 146 miliar ke rekening pribadinya. Awalnya, dana 1 Malaysia Development Berhad atau lebih dikenal dengan 1MDB dibuat oleh Najib sebagai sarana pembangunan ekonomi jangka panjang di Malaysia pada 2009.

Namun kurang dari 10 tahun keberadaannya, badan tersebut sudah diselidiki dan melibatkan enam negara karena tuduhan pencucian uang dan penyalahgunaan dana. (hst/hst)