Eksklusif: Mengenal Putri Ayuningtyas, Moderator Debat Cawapres Pilpres 2019

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 15 Mar 2019 13:12 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Putri Ayuningtyas terpilih sebagai moderator debat cawapres di Pilpres 2019 yang akan berlangsung pada Minggu (17/3/2019). Yuk! Kenalan lebih dekat dengan sosok Putri, moderator yang mengawali kariernya sebagai jurnalis.

Wanita kelahiran Denpasar, Bali ini merupakan presenter CNN Indonesia TV. Meskipun latar belakang pendidikan yang ditempuhnya adalah Teknik Industri, Putri mengawali kariernya sebagai jurnalis di Metro TV pada 2008.

Saat ditemui Wolipop, Putri bercerita tidak pernah sama sekali membayangkan akan menjadi seorang jurnalis karena latar belakang kuliahnya yang berhadapan dengan mekanika teknik hingga kalkulus. Namun, sejak duduk di bangku kuliah, Putri memang sudah mulai bekerja paruh waktu sebagai presenter televisi lokal di Yogyakarta.

"Jadi saya tidak pernah terpikir menjadi jurnalis, tapi pada saat yang sama ketika kuliah, saya siaran part time di Jogja TV. Pagi saya siaran dulu, setelah itu saya kuliah. Terus ada open casting Metro TV di UGM, saya ikut. Kita tes, diterima dan pas kebetulan saya sudah selesai kuliahnya jadi sudah bisa langsung lanjut kerja," cerita Putri saat ditemui Wolipop di Gedung Trans Media, Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).



Lulusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya, Yogyakarta ini kemudian memulai sebagai wartawan cetak di Media Indonesia, satu grup dengan Metro TV yang tergabung ke dalam Media Group. Setelah enam bulan, Putri kemudian di tempatkan sebagai reporter di Metro TV.

"Jadi kita ditaruh di lapangan, kita cari informasi sendiri, kita nulis, kemudian baru setelah itu di reporter di Metro TV. Yang menyenangkan dari ketika awal kita memulai itu, saya bukan orang Jakarta, bukan orang ibukota. Jadi saya lahir, besar di Bali, kuliah di Yogya dan kerja di Jakarta. Saya buta banget Jakarta," tutur Putri.

"Dan dengan jadi jurnalis cetak itu saya naik turun angkot nyambung bus kota atau Trans Jakarta, tidak ada yang namanya ojek online, masih susah jadi lebih murah angkot nyambung angkot ke mana-mana. Dari situ saya lebih mudah belajar jalur-jalur jalan di Ibukota," imbuh Putri menceritakan tantangan pekerjaannya.

Putri Ayuningtyas, moderator debat cawapres Pilpres 2019Putri Ayuningtyas, moderator debat cawapres Pilpres 2019 Foto: Mohammad Abduh/Wolipop


Pada tahun 2015, Putri pindah ke CNN Indonesia Televisi. Presenter kelahiran Juni 1984 ini pun pernah menjadi pemandu program CNN Indonesia News Report, dan CNN Indonesia News Room.

"Sekarang aku di CNN memandu program CNN Indonesia Prime News, tayang jam tujuh malam sampai jam delapan malam. Apa yang dibahas di sana adalah tentang politik, hukum, dan keamanan, jadi isu-isu terbaru yang terjadi di Indonesia. Sosial budaya juga kadang-kadang kalau itu menyita perhatian, kemudian yang berhubungan dengan kebijakan publik," terang Putri.



Namun, informasi yang beredar tentang dirinya ternyata selama ini salah. Putri mengaku tidak pernah menulis tentang sosoknya di Wikipedia.

"Saya nggak pernah nulis di Wikipedia, itu salah. Saya lahir di Bali, bukan di Subang, Jawa Barat. Tanggal dan tahun lahirnya juga salah. Beberapa program yang ditulis juga ada beberapa yang salah karena sebenarnya saya tidak mengambil program itu," ujar Putri.

Terpilihnya ia sebagai salah satu yang memandu acara debat cawapres di Pilpres 2019 ini pun merupakan suatu kehormatan bagi Putri. "Tidak ada yang spesial cuma yang spesial karena ini momennya. Dan sebuah kehormatan bagi saya menjadi bagian kecil dari Pemilu," katanya.


(agm/eny)