9 Hal yang Harus Dilakukan Jika Kamu Bertemu dengan Ratu Elizabeth II

Nada Saffana - wolipop Rabu, 20 Feb 2019 11:48 WIB
Foto: REUTERS/Dylan Martinez Foto: REUTERS/Dylan Martinez

Jakarta - Tidak banyak orang bisa mendapatkan kesempatan bertemu dengan orang paling berpengaruh di Inggris, Ratu Elizabeth II. Lalu bagaimana jika suatu saat mimpi untuk bertemu Sang Ratu jadi kenyataan?

Ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat berhadapan langsung dengan wanita yang sudah puluhan tahun memimpin monarki Inggris tersebut, seperti dikutip dari Brightside.

1. Apa yang Harus Dilakukan?

Foto: BBC Magazine

Jika bertemu secara berkelompok, Anda dan yang lainnya harus membentuk setengah lingkaran sambil menyapa Sang Ratu. Pastikan tidak memegang barang apapun di tangan dan biarkan Ratu Elizabeth yang memimpin percakapan atau aktivitas lainnya. Jangan lupa selalu tersenyum.

2. Apa yang Tidak boleh Dilakukan?
Foto: BBC World

Anda akan bertemu dengan salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Jadi hindarilah hal yang sangat tidak sopan, seperti memalingkan tubuh dari Sang Ratu, mengalihkan pandangan darinya, selfie, meminta foto atau tanda tangan, berjalan di depannya, beranjak sebelum Sang Ratu, dan mengajukan pertanyaan pribadi atau politik.

3. Apa yang Harus Dibicarakan?
Foto: Getty Images

Sebelum mulai berbicara dengan Ratu Elizabeth II, hal pertama yang harus dilakukan adalah tersenyum dan bersikap ramah, biarkan Sang Ratu yang bicara terlebih dahulu. Anda tidak boleh memulai topik atau mengubah topik saat berbicara singkat dengan Sang Ratu.

4. Bolehkah Menyentuh Ratu?
Foto: Peter Nicholls/Reuters

Jawabannya adalah tidak. Yang Mulia tidak boleh disentuh kapan pun walaupun secara tidak sengaja, kecuali saat dia menjabat tanganmu. Anda harus berjalan di belakangnya dan menyesuaikan kecepatan berjalannya.

5. Apakah Boleh Berjabat Tangan?
Foto: REUTERS/Dylan Martinez

Jabat tangan merupakan tanda hormat, namun jangan pernah Anda menawarkan untuk menjabat tangan terlebih dahulu saat bertemu Sang Ratu. Sebaliknya, Anda bisa berjabat tangan dengannya ketika mengulurkannya terlebih dahulu dan jangan digoyangkan dengan kuat.

6. Membungkuk atau Tidak Membungkuk?
Foto: Autoevolution

Sebenarnya bukan menjadi protokol resmi, tapi ada baiknya jika Anda menunjukkan gestur sopan saat berhadapan dengannya. Para wanita biasanya menghormat dengan membungkukkan badan, sedangkan pria menundukkan sedikit kepalanya saat bersalaman.

7. Bagaimana Memanggilnya?
Foto: Istimewa

Jangan pernah menyebut Sang Ratu sebagai 'Queen'. Nama 'Ratu Elizabeth' atau 'Queen Elizabeth' adalah gelar resmi kerajaannya. Panggil dia dengan 'Your Majesty', diikuti dengan 'Ma'am' dan tutup percakapan dengan 'Your Majesty' kembali.

8. Kapan Harus Pergi ke Pertemuan dengan Ratu?
Foto: Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip (Jonathan Brady/Getty Images)

Anda harus selalu datang lebih awal dari tuan rumah. Anda yang menunggu Ratu; Ratu tidak pernah menunggu seseorang.

9. Baju Apa yang Harus Dikenakan?
Foto: Getty Images

Pilihlah pakaian formal dengan warna netral dan desain sederhana. Hindari memakai busana yang sekiranya akan mengalihkan perhatian publik dari Ratu Elizabeth II. Misalnya saja baju yang berwarna mencolok, terlalu seksi dan banyak mengekspos kulit. Tunjukkan rasa hormat dengan penampilan yang elegan.
(hst/hst)