Kata Selebgram 16 Tahun yang Dihujat karena Ngetweet 'Cari Duit Susah'

Nada Saffana - wolipop Selasa, 12 Feb 2019 16:09 WIB
Annette. Foto: Dok. Instagram @skannette Annette. Foto: Dok. Instagram @skannette

Jakarta - Selebgram berusia muda Annette viral karena kicauannya di Twitter. Pemilik akun @notannette menjadi perbincangan di media sosial karena ngetweet kata-kata yang dianggap arogan oleh netizen.

"Kalo kalian mikir cari duit itu susah berarti makenya cara yang susah," demikian isi cuitan pemilik akun @notannette pada Sabtu (9/2/2019).

Sebagian besar netizen menghujat Annette. Mereka menganggap Annette arogan karena pada kenyataannya banyak orang Indonesia yang tidak bisa mendapatkan kemudahan dalam mencari uang.

""Makenya cara yang susah"? Asdfghlk i really want to know your definition about that statement is. Hei, getting money is not that easy. Of course people want to get/do the job with "easy way" but some conditions make them can't do that.Tau brp byk sih km tentang bertahan hidup?" tulis akun @indahmaulidaa.



Berbagai hujatan yang diterima Annette itu kini ditanggapinya. Dalam perbincangan via pesan teks dengan Wolipop, gadis 16 tahun itu mengatakan tweetnya yang menjadi kontroversi sebenarnya tidak ditujukannya untuk menyerang orang lain.

"Aku sebenernya aktif di Twitter itu baru, nah tweet tersebut sebenernya ngga ada intention buat nyerang orang, sebatas joke aja," ujar gadis dengan nama lengkap Inez Anastasya itu saat dihubungi Wolipop via pesan teks Selasa (11/2/2019).



Annette menjelaskan cuitannya tersebut dibuatnya berdasarkan pengalaman pribadi yang sebenarnya ditujukan untuk dirinya sendiri. Namun, ia mengaku salah dalam memilih kata, sehingga kalimat itu terlihat seperti merendahkan orang lain.

"Sebenernya I was saying those things to myself, 'kalo kalian pikir cari duit itu susah berarti pakenya cara yang susah' ini berdasarkan pengalamanku, aku salah gunain kata-kata pake 'kalian' jadi kelihatannya aku ngasih tahu atau nyuruh orang-orang. Di situ salahku," tegas wanita muda yang populer di Instagram dengan followers lebih dari 93 ribu itu.

Mendapat banyak hujatan karena tweetnya, Annette mengaku menjadi banyak belajar untuk hati-hati dalam memilih kata yang akan digunakan. Dia juga belajar untuk memperkuat mental menghadapi berbagai hal di media sosial.

"Aku juga jadi tahu mana yang beneran ngasih constructive criticism, dan mana yang memang cuma mau ikut nyerang aja, bahkan ada juga yang jadiin bahan konten, bahkan yang shaming pun macem-macem, physical appearance-ku, pekerjaanku, banyak, tapi aku nggak keberatan sama sekali, if killing my mental helps you build your own, then be my guest," ujarnya lagi.

Lebih lanjut Annette ingin meminta maaf jika tindakannya mengecewakan orang lain atau dianggap merendahkan orang lain. Dia juga berterimakasih kepada orang-orang yang sudah memberikannya kritik membangun.

"Aku mau memberi sedikit apresiasi ke orang-orang yang udah ngasih constructive criticism tersebut, it helps, it really does. Aku anggap ini semua sebagai learning process, i'm still growing, pengetahuanku belum semantap mereka. Also let this be a platform for me to state my apology, I want to say sorry if I ever let anyone down or if my actions disappoint you. I'm learning, we are all learning," jelasnya.



(eny/eny)