Pesan Mendalam Kevin Liliana untuk Sesama Wanita Pasca Alami Pelecehan

Hestianingsih - wolipop Kamis, 31 Jan 2019 12:07 WIB
Miss International 2017 Kevin Lilliana mengalami pelecehan saat menunggu taksi. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop Miss International 2017 Kevin Lilliana mengalami pelecehan saat menunggu taksi. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Tak banyak orang yang mengetahui bahwa catcalling adalah salah satu bentuk pelecehan seksual. Padahal, perilaku yang terkesan sepele ini bisa jadi pemicu terjadinya pelecehan yang lebih berat, bahkan bukan tidak mungkin pemerkosaan.

Hal itulah yang coba ditegaskan Miss International 2017 Kevin Lilliana. Pada Rabu (30/1/2019), wanita 23 tahun ini mengalami kejadian tak mengenakkan saat berjalan untuk menunggu taksi di depan apartemennya.

Seorang pria dari dalam mobil membunyikan klakson, dan ketika Kevin Lilliana menengok ke belakang, ia mendapati pria di balik kemudi tersebut menunjukkan gestur seolah ingin mencium sambil memejamkan mata. Sontak, Kevin pun meradang.


"Ketika lagi jalan, ada mobil CRV ABU yang tiba tiba kasih klakson kecil (reflek nengok karena ngerasa ga ngalangin jalan) ketika aku nengok yang nyetir itu bapak-bapak botak pakai kacamata terus dia pasang muka CIUM CIUM SAMBIl MEREM! Sumpah jijik banget aku digituin!!!" tulis Kevin pada postingan Instagram Story.

"Aku langsung samperin karena mobil dia berhenti antre bayar parkir, aku ketok-ketok suruh buka suruh turun kalau berani. Dia cuma diam pura-pura nggak lihat! Dan yang bikin gedek lagi adalah SATPAM CUMA DIEM NGELIHATIN KEBINGUNGAN SAMBIL JALAN LANGKAH KECIL," lanjutnya.
Pesan Mendalam Kevin Liliana untuk Sesama Wanita Pasca Alami PelecehanFoto: Instagram
Pesan Mendalam Kevin Liliana untuk Sesama Wanita Pasca Alami PelecehanFoto: Instagram
Pesan Mendalam Kevin Liliana untuk Sesama Wanita Pasca Alami PelecehanFoto: Instagram

Postingan Kevin Lilliana pun jadi viral di media sosial. Merasa perlu memberikan edukasi agar orang-orang tidak menganggap remeh cat calling, baik untuk si pelaku maupun korban, wanita kelahiran Bandung ini pun mem-posting tulisan panjang bertajuk 'CATCALLING IS HAWASSMENT!' di akun Instagram-nya, @kevinlln.

"Hal kecil tapi tetap masuk kedalam kategori pelecehan, tanpa memandang gender. Menurutku, baik itu perempuan maupun laki-laki kalau digodain sama orang asing ya pasti akan merasa terganggu, apalagi kalau kalimat atau gesture yang ditunjukan oleh catcaller sudah kelewat batas," tulis Kevin, dalam postingan Instagram yang diunggah Rabu (30/1/2019).


Tonton video: Miss International 2017 Kevin Liliana Alami Pelecehan

[Gambas:Video 20detik]



Dia melanjutkan, "Inget banget, dari dulu cukup sering jadi korban cat calling. Dari mulai cuma dipanggil "neng.." sampai yang terparah itu pas dikasih cium cium itu. Dan dari dulu aku selalu ngomong "apaan sih ga sopan!" Aku selalu berani ngomong gitu terutama di tempat umum, KARENA KITA PUNYA HAK UNTUK MELAWAN! Siapapun itu, perempuan atau laki-laki jangan pernah diam dan takut untuk speak up!"

[Gambas:Instagram]


Kevin pun mengimbau agar para korban catcalling tidak berdiam diri saja ketika mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan di depan umum. Menurutnya setiap orang punya hak untuk marah ketika dipanggil, disiuli atau diteriaki dengan hal-hal yang menjurus pada pelecehan.

Tidak hanya korban, Kevin juga mengimbau mereka yang menjadi saksi perbuatan catcalling, agar mengingatkan para pelaku catcalling (biasa disebut catcaller) bahwa perilaku tersebut sangatlah mengganggu dan tak berfaedah.


"Dan untuk kalian yang SUKA ISENG godain meskipun tidak bermaksud untuk catcalling, ingat bahwa itu adalah hal yang menganggu dan tidak menguntungkan kalian sama sekali. Malah bisa jadi menimbulkan masalah," tulis Kevin lagi.

Catcalling merupakan perbuatan yang mengacu pada seksualitas ketika melihat seseorang berjalan di tempat umum. Perbuatan itu bisa berupa panggilan, teriakan, siulan, maupun gestur tidak sopan yang terkesan melecehkan.

Simak Juga 'Miss International 2017 Kevin Liliana Alami Pelecehan':

[Gambas:Video 20detik]


Pesan Mendalam Kevin Liliana untuk Sesama Wanita Pasca Alami Pelecehan

(hst/hst)