Laporan dari Bangkok

Sonia Fergina Kaget Banget Masuk Top 20 Miss Universe 2018

Frieda Isyana Putri - wolipop Senin, 17 Des 2018 19:09 WIB
Aksi Finalis Indonesia Sonia Fergina di Miss Universe 2018. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Bangkok - Sonia Fergina Citra angkat bicara soal pencapaiannya di Miss Universe 2018. Sonia mengaku kaget saat namanya disebut masuk babak Top 20 Miss Universe 2018.

Indonesia kembali berhasil meraih posisi di Miss Universe 2018 lewat Sonia Fergina Citra, setelah pada 2017 sama sekali tidak mendapatkan gelar apapun. Wanita asal Provinsi Bangka-Belitung tersebut lolos ke top 20, walau akhirnya langkahnya harus terhenti.

Sonia meraih posisi tersebut melalui kategori Wildcard, yakni kontestan yang menjadi pilihan juri. Sedangkan saat kategori Asia Pasifik dan Afrika diumumkan, nama Indonesia sama sekali tak dipanggil. Momen itu pun sempat membuat dirinya merasa akan gagal meraih posisi semifinalis di ajang tersebut.

"Jujur aja aku tuh udah ngerasa nggak bakal masuk (top 20). Nggak tahulah soalnya berat-berat saingannya, cuma dari awal aku udah yakin aku udah menunjukkan yang terbaik. Jadi waktu dipanggil tuh kaget banget, apalagi aku bukan orang yang ekspresif," tutur Sonia saat berbincang dengan Wolipop di Bangkok, Thailand, Senin (17/12/2018).

Pada babak top 20, ketika mempromosikan dirinya yang berbeda dari finalis Miss Universe lain, Sonia bicara mengenai keberagaman di Indonesia. Awalnya ia bercerita mengenai keluarganya yang terdiri dari berbagai agama lalu mengatakan Indonesia memiliki banyak masalah yang menyangkut keberagaman.

Usai mempromosikan dirinya, Sonia mengatakan ia berharap bisa lolos ke top 10, bahkan hingga top 2 atau selangkah lagi untuk menyabet mahkota. Akan tetapi ia belum beruntung, tahun ini langkah Indonesia terhenti lagi untuk melaju ke top 10.

"Kalau memang jalannya ya sudah, masih banyak jalan yang lain sukses. Aku senangnya tuh aku dapet banyak banget komentar yang mengapresiasi aku, mereka melihat aku menjalani sehari-hari tuh benar-benar full. Komentar kayak 'mau place kek, nggak place kek, kita udah bangga sama kamu' itu udah seneng banget. Aku juga senengnya bisa masuk (top 20) bertiga sama USA dan Australia. Terima kasih banget atas semua dukungan kalian," tutup wanita kelahiran tahun 1992 ini.

Miss Universe 2018 dimenangkan oleh Catriona Gray dari Filipina. Catriona mengalahkan dua finalis dari Afrika Selatan dan Venezuela pada malam grand final Miss Universe 2018. (frp/eny)