Inspiratif, Suami-Istri Beri Makan dan Sekolahkan Anak-anak Terlantar

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 12 Des 2018 08:09 WIB
David Barbanas dan anak-anak terlantar yang diasuhnya. Foto: M Star David Barbanas dan anak-anak terlantar yang diasuhnya. Foto: M Star

Penang - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bermanfaat bagi sesama. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pasangan di Malaysia ini yang membuat mimpi anak-anak terlantar jadi kenyataan.

David Barnabas, seorang pendeta dari Penang telah membuat mimpi 13 anak menjadi nyata. Ia menyelamatkan mereka dari jalanan dan yang rumahnya rusak.

Bagi David, misi kehidupannya adalah menjaga anak jalanan dan menyediakan makanan untuk mereka. Tak hanya itu, David bahkan menyediakan tempat tinggal dan pendidikan bagi anak-anak terlantar.


"Awalnya saya membawa gelandangan, ibu tunggal dan anak-anak dari keluarga yang disfungsional ke rumah saya, membiarkan mereka berbagi tempat dengan istri saya, Esther dan kedua anak kami. Kami akan memberi mereka makanan dan tempat tinggal," kata David kepada M Star.

David dan Esther telah menyediakan makanan hangat dan memberikan kasih sayang kepada anak-anak tersebut selama 15 tahun terakhir. Sejak 2007, David telah mengoperasikan Rumah Keluarga Kristal di Waduk Taman, Ayer Itam, yang saat ini menampung 13 anak antara usia lima dan 10 tahun.

"Ada anak-anak dalam kelompok ini yang tidak bisa membaca atau menulis. Kami memastikan mereka bisa ke sekolah umum sampai mereka berusia 18 tahun," tambahnya.

Satu di antara mereka yang berada di bawah asuhannya telah menyelesaikan diploma dan kembali untuk membantu David di rumah bersama lima sukarelawan lainnya. Sementara itu, yang lainnya telah lulus dari universitas lokal dan sekarang menjadi dosen.

"Rumah kami bukan rumah yang dilembagakan, tetapi kami menunjukkan kasih dan kebaikan kepada anak-anak ini yang mungkin tidak mereka dapatkan di tempat asal mereka," terang David.



Tonton juga 'Keren! Ini Dua Anak Bangsa yang Jadi Animator Kelas Dunia':

[Gambas:Video 20detik]


(agm/hst)