Sejarah Hari Ayah, di Indonesia Berawal dari Surat untuk Ibu

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 12 Nov 2018 13:08 WIB
Ilustrasi peringatan Hari Ayah. Foto: Dok. iStock Ilustrasi peringatan Hari Ayah. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Indonesia merayakan Hari Ayah Nasional setiap tanggal 12 November. Tak banyak orang tahu kalau Hari Ayah di Indonesia berawal dari lomba menulis surat untuk ibu.

Hari Ayah Nasional, seperti dikutip dari situs kemdikbud.go.id, digelar atas prakarsa paguyuban Satu Hati lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Pada 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo. Pada acara tersebut diadakan sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Acara yang digelar meriah ini menghadirkan kejutan dari para peserta yang mengikutinya. Ada peserta yang bertanya, "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi."

Pertanyaan itu lah yang membuat PPIP mencari tahu kapan tanggal Hari Ayah di Indonesia. Mereka sampai menggelar audiensi dengan DPRD Surakarta, meski hasilnya tak mendapatkan jawaban yang memuaskan.



Setelah melalui kajian yang panjang, para wanita yang tergabung di Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) memutuskan menggelar deklarasi Hari Ayah pada 12 November 2006 di Pendapa Gede Balai, Solo. Mereka juga menetapkan 12 November sebagai peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya".

Hari Ayah Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November.Hari Ayah Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November. Foto: Dok. iStock


Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku 'Kenangan untuk Ayah' yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diambil dari peserta sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Usai deklarasi, PPIP mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Hari Ayah di Indonesia ini memiliki tanggal yang berbeda dibandingkan negara-negara lainnya di dunia. Hari Ayah Internasional dirayakan sebagian besar orang di dunia pada bulan Juni, dengan tanggal yang berbeda-beda. Di Amerika Serikat, Hari Ayah diperingati setiap 19 Juni.



Sejarah Hari Ayah di Amerika Serikat bermula dari seorang wanita bernama Sonora Smart Dodd yang berusaha agar ada hari untuk berterima kasih kepada para ayah. Seperti dikutip dari CNNIndonesia, Dodd mempunyai lima orang saudara, kesemuanya dibesarkan oleh ayahnya seorang diri sejak sang ibu meninggal.

Dodd pun mengumpulkan dukungan, sendirian bepergian dari gereja-gereja lokal sampai ke para penjaga toko dan akhirnya, pemerintah setempat. Usahanya berbuah manis, pada 19 Juni 1910, negara bagian Washington resmi merayakan Hari Ayah pertama mereka.

Perlahan, lambat namun tetap terjadi, peringatan ini menjalar ke negara-negara bagian lain. Pada 1916, Presiden Wilson memakai telegraf untuk memerintahkan penduduk mengibarkan bendera sebagai bentuk persetujuan Hari Ayah dianggap sebagai hari nasional.

Selamat Hari Ayah untuk para ayah.




Tonton juga 'Netizen Ramai Rayakan #HariAyahNasional':

[Gambas:Video 20detik]




Sejarah Hari Ayah, di Indonesia Berawal dari Surat untuk Ibu
(eny/eny)