Pria Ini Bikin Rumah Rp 7,6 M untuk Anjingnya, Ada Kisah Haru di Baliknya

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 20 Okt 2018 20:36 WIB
Zhou Tianxiao membangun istana anjing senilai Rp 7,6 miliar.Foto: Dok. Washington Post Zhou Tianxiao membangun istana anjing senilai Rp 7,6 miliar.Foto: Dok. Washington Post

Jakarta - Tak ada yang menyangka jika vila mewah yang dilengkapi dengan kamar-kamar berpendingin ruangan, kolam renang, spa, dan halaman luas ini dibuat untuk hewan peliharaan. Zhou Tianxiao bahkan membangun istana anjing senilai Rp 7,6 miliar.

Empat tahun lalu, Zhou hidup menganggur dan tinggal bersama neneknya. Namun, entah bagaimana ia meraih kesuksesan luar biasa setelah mendapatkan anjing yang bernama Sylar selama titik terendah dalam hidupnya.

"Sylar mengubah hidup saya, jadi saya akan mengembalikan semua yang saya miliki," ungkap Zhou kepada China Daily.



Dalam sebuah wawancara, pria berusia 31 tahun ini mengungkapkan bahwa setelah orangtuanya bercerai ketika masa kanak-kanaknya, ia menjadi bocah pemberontak. Zhou menghabiskan hari-harinya di warung internet bermain game, minum, dan berkelahi.

"Kehidupan itu berlangsung selama lebih dari satu dekade," katanya.

Ketika Zhou gagal menemukan kebahagiaan dalam permainan komputer, ia mencari persahabatan dari teman yang setia. "Saya dengar anjing itu setia. Tidak peduli seberapa miskin pemiliknya, mereka akan tetap bersama. Itu sebabnya saya memutuskan untuk memiliki anjing," ujarnya.



Menurut Zhou, ia merasa telah mendapatkan kembali cinta yang hilang di masa kecilnya setelah Sylar menjadi bagian dari hidupnya. Ia pun menganggap Sylar sebagai lebih dari anggota keluarga daripada hewan peliharaan.

Pria asal Beijing, China ini pertama kali melatih Sylar dengan menonton YouTube tentang pelatih anjing profesional. Menggunakan teknik yang ia pelajari, Zhou mampu mengajarkan trik Sylar seperti melakukan high-five, bermain pura-pura mati, berjalan seperti manusia dan melompat di atas meja.

Sebagai pemilik yang bangga Zhou akan merekam video dari trik Sylar dan membagikannya secara online. Video Sylar menjadi hit dan anjing pintar akhirnya menjadi bintang online, menghasilkan ratusan ribu pengikut dan mengumpulkan jutaan penayangan di platform media sosial.

Popularitas Sylar yang semakin meningkat juga mendorong Zhou untuk membuka toko makanan anjing dan mainan di platform e-commerce China Taobao. Menggunakan uang yang dihemat dari bisnis online-nya, Zhou menyewa sebuah halaman seluas 8.600 kilometer persegi di daerah pedesaan distrik Shunyi dan membangun rumah anjing senilai setengah juta dolar tahun lalu.

"Saya tidak pernah melihatnya sebagai sesuatu yang hebat, itu hanya yang harus dilakukan seorang ayah. Tanpa anjing saya, saya mungkin masih kecanduan merokok, bermain game sepanjang hari dan menyia-nyiakan hidup saya. Sebelum saya memiliki Sylar, saya tidak punya apa-apa untuk hidup. Dia memberi saya tujuan," kata Zhou.

Rumah Sylar dibuka untuk umum pada bulan Mei kemarin, sehingga anjing lain dapat merasakan kemewahan. Untuk biayanya, anjing dapat tidur di kamar ber-AC dengan bantal raksasa dan halaman belakang yang luas, mereka juga bisa mandi di spa dengan biaya 175 yuan (Rp 377 ribu) atau mendapatkan pijatan yang menenangkan seharga 400 yuan (Rp 841 ribu)



(agm/eny)