Kisah Wanita yang Hamil di Usia 13 Tahun, Berhasil Lulus SMA Walau Di-bully

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 27 Apr 2018 15:08 WIB
Joanna Marie Balase Reyes, hamil di usia 13 tahun dan dibully. Foto: Dok. Facebook Joanna Marie Balase Reyes, hamil di usia 13 tahun dan dibully. Foto: Dok. Facebook

Manila - Menjadi seorang ibu di usia muda bukanlah hal mudah. Seperti yang dialami oleh wanita asal Filipina ini yang hamil di usia 13 tahun dan mengalami kehidupan sulit serta mendapatkan ejekan dari orang-orang di sekitarnya.

Belum lama ini sebuah postingan Facebook dengan nama akun Joanna Marie Balase Reyes jadi viral. Pada postingannya itu ia membuktikan kepada semua orang bahwa dirinya bisa meraih mimpinya meskipun harus bergelut dengan penilaian negatif orang.

Wanita berusia 17 tahun ini membagikan cerita bagaimana ia mengatasi kesulitan menjadi ibu remaja hingga akhirnya berhasil lulus dan mendapatkan ijazah SMA yang selalu diinginkannya. Joanna pun mengungkapkan bahwa ia sering mendengar komentar yang menyakitkan dari tetangga dan teman sekolahnya.

Seperti dikutip dari Buzz Definitely Filipino, Joanna hamil di usia 13 tahun, dan ia melahirkan anak pertamanya di usia 14 tahun. Pada usia 16 tahun, ia hamil lagi dan melahirkan bayi kedua laki-laki ketika ia menginjak usia 17 tahun.

Baca Juga: Kecanduan Hamil, Wanita Ini Melahirkan Anak ke-12

Joanna Marie Balase Reyes, hamil di usia 13 tahun dan dibully.Joanna Marie Balase Reyes, hamil di usia 13 tahun dan dibully. Foto: Dok. Facebook


Membesarkan kedua buah hatinya di usia yang masih belia adalah tantangan terberat Joanna. Apalagi ia harus menyelesaikan sekolahnya, sementara itu banyak orang mencemooh Joanna yang menyebut dirinya tak akan pernah bisa meraih mimpi.

Baca Juga: Kisah Viral Pria Rela Pacari Wanita yang Hamil Anak Pria Lain

Joanna sadar bahwa ia membuat kesalahan di masa lalu, tapi dirinya juga bangga bisa jadi ibu dan mencintai kedua buah hatinya. Pada postingan Facebooknya itu ia pun mengunggah foto kelulusan dirinya saat memakai toga.

"Buktikan kalau mereka salah. Bermimpilah besar, kerja keras, tetap fokus, dan bersama dengan orang-orang baik," tulis Joanna.

Joanna Marie Balase Reyes, hamil di usia 13 tahun dan dibully.Joanna Marie Balase Reyes, hamil di usia 13 tahun dan dibully. Foto: Dok. Facebook


"Hal yang indah tentang belajar adalah tidak ada yang bisa mengambilnya darimu ," tambahnya.

Ibu dua anak ini juga mengungkapkan terima kasihnya pada kehidupan masa SMA untuk kenangan yang tak terlupakan. Joanna pun menambahkan ia akan melanjutkan pendidikannya di universitas.

" Toga hitam segera , " imbuhnya.

Banyak netizen yang kagum atas semangat Joanna untuk tetap sekolah meskipun harus mengurus kedua buah hatinya. Beberapa dari mereka juga mengucapkan selamat atas kelulusan Joanna.

(agm/eny)